Connect with us

Tangsel Jadi Kota Ramah Bagi Pejalan Kaki

Info Tangsel

Tangsel Jadi Kota Ramah Bagi Pejalan Kaki

pedestrian_bintaro_01TANGSELOKE.com- Dalam suatu penelitian yang dilakukan Badan Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Jalan dan Jembatan, Kementerian Pekerjaan Umum disebutkan bahwa masih banyak masyarakat yang tidak sadar akan haknya atas penyediaan fasilitas pejalan kaki.

Peneletian tersebut juga mengungkapkan kecenderungan bahwa sebenarnya masyarakat mau berjalan kaki. Sayangnya, sedikit sekali ruang nyaman dan aman untuk berjalan kaki. Padahal, masyarakat sebetulnya mau menggunakan moda berjalan kaki jika fasilitas tersebut tersedia dengan aman dan nyaman.

Untuk itu Kota Tangerang Selatan (Tangsel) merasa terpanggil untuk menjadi kota terdepan dalam penyediaan fasiltas pejalan kaki dan juga pesepada.

pedestrian_bintaro_02Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany dengan semangatnya meresmikan penggunaa pedestrian “walk dan bike path” yang membentang mulai dari Distrik Discovery Bintaro Jaya Xchange Mall di Pondok Aren, Minggu (15/6).

Airin yang mengenakan kaos hijau lengan panjang itu meresmikan jalur khusus pejalan kaki dan pesepeda dengan lebar maksimal 2 meter dan sepanjang 3 kilometer.

Sambil menggowes sepeda Airin menikmati jalur khusus pesepada yang pada tiap sisinya terbentang suasana hijau nan asri. Letaknya tidak sejajar dengan jalan raya, melainkan pedestrian.

“Pedestrian ini sangat nyaman memberi hak kepada pejalan kaki, kedepannya ini akan menjadi perhatian serius Pemkot Tangsel, bagaimana membangun infrastruktur yang baik serta tidak melupakan hak dan kepentingan pejalan kaki,” Ungkap Airin sambil menoleh kepada Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Retno Prawati yang mendampinginya.

Menurut Airin pembangunan pedestrian ini sesuai dengan UU no 22 Tahun 2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan yang mendorong sistem transportasi terpadu. Ia pun menceritakan betapa negara-negara maju di dunia begitu peduli terhadap pembangunan pedestrian.

“Di banyak negara maju, pedestrian justru menjadi perhatian utama. Pusat kota-kota ternama di dunia, seperti Times Square New York, dan Champ Elysses di Paris adalah contoh keberhasilan pemerintah kota menyediakan fasilitas bagi pejalan kaki,” ujar Airin. (to/tp)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top