Connect with us

Hore! Tangsel Lolos Penilaian Adipura

Info Tangsel

Hore! Tangsel Lolos Penilaian Adipura

head_pelepasan_haji_tangselTANGSELOKE.com- Akhirnya,kerjakeras Pemkot Tangerang Selatan (Tangsel) membuahkan hasil dalam menanggulangi sampah. Pasalnya,  Kota Tangsel berhasil mengungguli tiga kabupaten/kota lain se-Provinisi Banten dalam pemantauan tahap pertama (P1), penilaian piala adipura 2013.

Hal tersebut didapat, setelah Tangsel mampu mengumpulkan 71,33 poin, atau tertinggi dari tiga daerah lainnya di Banten yang juga ikut dalam penilaian adipura untuk kategori kota kecil dan sedang.

“Iya benar, Kementerian Lingkungan Hidup telah mengirimkan surat resmi bahwa kami (Kota Tangsel) telah mendapatkan poin 71,33 dan berhak mengikuti tahap kedua pada Maret-April mendatang,” ujar Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel Rahmat Salam, Selasa (12/2).

Surat tersebut tertuang dalam  Nomor B-858/Dep.IV/LH/PPM/01/2012.  Dengan perolehan tersebut, papar Rahmat Salam, Tangsel berhasil mengungguli Kota/Kabupaten lain, seperti Kabupaten Tangerang 63,67 poin, Kota Cilegon 62,20 poin dan Kota Serang 61,44 poin.

“Perolehan nilai tersebut merupakan nilai rata-rata dari hasil seleksi Kementrian LH pada 7 katergori penilaian, yakni pemukiman, sampah, drainase, ruang terbuka hijau (RTH), pasar, sekolah, dan jalan,” ucap Rahmat.

Sementara itu, Kepala Bidang Konservasi dan Sumber Daya Alam pada BLHD Kota Tangsel, Muhammad Isa yang juga Ketua Tim Penilaian Piala Adipura Tangsel mengatakan, dengan lolosnya Tangsel dalam penilaian P1, maka pada pihaknya akan menggenjot porsi-porsi yag akan dinilai pada pemantauan tahap kedua (P2), yang akan digelar pada Maret-April mendatang.

“Untuk mendapatkan penghargaan Adipura tahun ini, daerah cukup mendapatkan nilai rata-rata 70 untuk semua ketegori penilaian. Adapun pada tahap kedua nanti, kami akan kejar poin yang sama pada penilaian kategori non fisik. Seperti, kelembagaan lingkungan, manajemen lingkungan, anggaran pengelolaan lingkungan dan data-data pencemaran,” ucapnya.

Menurutnya lagi, jika pada penilaian P2 nanti poin minimal perolehan penghargaan Adipura bisa dicapai, tidak menutup kemungkinan, Tangsel akan mendapatkan penghargaan bidang lingkungan untuk pertama kalinya sejak berdiri tahun 2008 lalu. (TN)

Continue Reading
Advertisement
To Top