Connect with us

Walikota Minta Pejabat Miliki Visi Dalam Bekerja

Info SKPD

Walikota Minta Pejabat Miliki Visi Dalam Bekerja

pejabat_tangsel_dilantik_headTANGSELOKE.com- Di awal tahun Walikota Tangerang Selatan Hj Airin Rachmi Diany merombak pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang Selatan. Kemarin, Selasa (5/2)di German Center, Airin melantik 50 orang pejabat yang terdiri dari 9 orang pejabat esselon II dan 41 orang pejabat esselon III.

Dari jumlah tersebut, hanya satu orang yang promosi naik menjadi esselon II, yaitu Teddy Meiyadi, SE yang menjabat Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) yang awalnya sebagai Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah. Sedangkan 3 orang kepala dinas masuk menjadi staf ahli yaitu Drs. T Zulfuad, Drs H Chaerul Soleh dan Drs. Zainal Aminin.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkot Tangsel, Azhar Syam’un Rakmansyah Ap, M.Pp mendapat jabatan promosi menduduki jabatan Kepala Kantor Pemadam Kebakaran, dan yang menggantikan Kabag Humas dan Protokol, Drs. Dedy Rafidi yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Perguruan Tinggi pada Dinas Pendidikan.

Walikota mengatakan pelantikan pejabat struktural di lingkungan instansi pemerintah merupakan sebuah dinamika organisasi yang dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas kelembagaan. Oleh karena itu, pelantikan dan mutasi pejabat hendaklah dimaknai untuk kepentingan organisasi, bukan dari perseptif pemenuhan hak dan kepentingan pegawai.

“Parameter yang digunakan seorang pejabat atau pegawai dalam suatu jabatan tertentu adalah sejauh mana pegawai atau pejabat yang dilantik itu akan memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan kinerja organisasi. Untuk itu, menjadi kewajiban bagi pejabat yang baru dilantik untuk mengubah pola pikir dan perilaku yang sesuai dengan jabatan barunya,” jelas Airin.

Airin menambahkan pada pelantikan yang baru dilaksanakan ini, ada pegawai atau pejabat yang mendapatkan mutasi vertikal atau promosi dan mutasi horizontal atau rotasi. Promosi maupun rotasi membawa konsekwensi tersendiri bagi pejabat yang dilantik karena antara bidang tugas yang satu dengan yang lainnya memiliki berbedaan karakter.

“Untuk itu, pejabat harus mampu mengembangkan wawasan, kompetensi dan mampu mempunyai visi dalam melaksanakan tugasnya. Saya meminta pejabat yang baru dilantik untuk beradaptasi dengan tempat kerja fahami dengan benar apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab saudara,” tandas Walikota.

Airin meminta agar pejabat yang baru saja dilantik untuk secepatnya melakukan serah terima jabatan dan melaksanakan tugas, menyusun time table yang merupakan kunci dalam mendisiplinkan pejabat terhadap seluruh progma kegiatan yang harus dipatuhi. (HMS/TO)

Continue Reading
Advertisement
To Top