Connect with us

Pondok Betung Bersahabat

Komunitas

Pondok Betung Bersahabat

PNPM – PLPBK ( Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas)Merupakan Program Reword Tertinggi bagi BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat) yang mandiri dan berkinerja sangat Baik. Pada kesempatan TA. 2011 BKM P.Betung lah yang menjadi satu-satunya BKM  penerima Reward PLPBK  se Propinsi Banten. Bersama sama masyarakat , pihak Kelurahan dan Dinas terkait ( Dinas Tata Kota Bangunan dan Permukiman) mewujudkan mimpi masyrakat Pondok Betung melalui penentuan kawasan prioritas yang akan ditata dengan fasilatas APBN dan APBD

Letak Pondok Betung yang berbatasan langsung dengan DKI maka Pondok Betung merupakan wilayah lintasan strategis yang secara langsung dapat mencerminkan kondisi Kota Tangerang Selatan. Sesuai dengan Misi Walikota Tangerang Selatan yang diselaraskan dengan mimpi masyarakat Pondok Betung yang ingin hidup dilingkungan yang bersih , Sehat, Asri ,hijau Produktif dan berkelanjutan ,maka Pengelolaan Sampah melalui TPST-3R Menjadi salah satu Prioritas Program PLPBK Pondok Betung.

Rembug-rembug warga secara rutin terus dilakukan, partisipasipun menjalar dari kelompok masyarakat yang terdiri dari berbagai unsure. Sosialisasi secara terus menerus dilakukan agar dapat mensinergikan Program- Program yang dibutuhkan masyarakat. Jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat maka nilai BLM PLPBK ( 1 Milyard rupiah ) belumlah cukup, namun akses sinergi yang telah dibuka oleh Dinas Tata Kota untuk  Keg. TPST 3R   dan  Ruang hijua oleh  SIKIB dan  BLHD  dapat membantu terwujudnya harapan mereka.

Sampah selalu saja menjadi pemikiran semenjak manusia mulai kesulitan menanganinya, terutama sampah plastik. Meskipun begitu sampah juga telah dijadikan sebagai sumber penghasilan bagi beberapa yang faham bagaimana pengelolaan dan benefitnya. Sebagaian mulai melakukan pemberdayaan lingkungan untuk memberi pengetahuan tentang berbagai hal mengenai sampah, nilai sampah, pemilahan sampah (organik;unorganik), produk daur ulang (kertas, plastik, kayu, besi dll) dan TPST (Tempat Pembuangan Sampah Terpadu).

Melalui Program PLP-BK Pondok Betung bersama masyarakat kembali melakukan sosialisasi tentang peran penting keluarga untuk turut serta dalam program 3R (Reuse-Reduce-Recycle) dan menjadikan sampah sebagai media pembelajaran sosial melalui peningkatan kreatifitas produksi bahan daur ulang. XSProject menjadi mitra kerja yang telah siap melakukan pendampingan dalam pengetahuan design produk dan sekaligus pemasarannya membantu koperasi sebagai pemilik modal awal.

Recycle Project, sebuah upaya untuk melihat kembali keadaan lingkungan sekitar tempat tinggal, mengenali berbagai benda-benda yang telah disebut “sampah” dan di-bentuk kembali menjadi sesuatu yang mempunyai “nilai baru”. Ini juga merupakan cara untuk menghargai lingkungan dengan seksama melalui media kelompok kreatifitas ditingkat basis keluarga. Benda-benda bahan plastik, kain, kayu, dll dicoba untuk di-design ulang, dikemas dan dipasarkan sebagai produk lokal Pondok Betung.

Penulis: Suhalimi (KBP Tangsel)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top