Connect with us

Tim Teknis Revitalisasi Stasiun Kereta Api Jurang Mangu Siap Dibentuk

Info SKPD

Tim Teknis Revitalisasi Stasiun Kereta Api Jurang Mangu Siap Dibentuk

Pemerintah Kota Tangerang Selatan bersama sejumlah unsur lembaga terkait menggelar rapat evaluasi dan persiapan revitalisasi Stasiun Jurang Mangu – Bintaro di Kecamatan Pondok Aren. Pada kesempatan itu, Walikota Tangerang Selatan – Airin Rachmi Diany meminta agar segera dibentuk tim teknis proses revitalisasi karena Pemerintah Daerah telah siap menggulirkan pendukung program transportasi massal ini.

Walikota Airin, mengatakan, dengan dibentuknya tim teknis, maka masing – masing pihak sudah paham akan tugasnya masing – masing. Pemerintah Daerah, akan menyiapkan berbagai infrastruktur pendukung berupa akses jalan masuk ke Stasiun Jurang Mangu.

“Kami akan bertanggung jawab untuk infrastruktur, baik itu pelebaran jalan, pembebasan lahan, rute trayek, traffic light.  Jalan dari arah Tegal Rotan ke arah Sawah, nantinya akan dilebarkan menjadi 4 lajur dengan 2 jalur,” terang Walikota Airin, di Golf BSD, Serpong, Kamis, 3 Mei 2012.

Sementara dari PT Jaya Real Properti, Lucky mengatakan, sangat mendukung adanya revitalisasi Stasiun Jurang Mangu ini. Pihaknya akan segera memberikan design kepada pihak manajemen sehingga dalam menyiapkan lahan untuk kepentingan revitalisasi ini secepatnya dapat diselesaikan.

“Ini karena untuk kepentingan umum, kami secepatnya mengecek lahan mana saja yang akan digunakan dalam revitalisasi Stasiun Jurang mangu
ini. Karena sebagian besar, pengguna stasiun Jurang Mangu adalah warga Bintaro,” papar Lucky.

Di tempat yang sama, EVP Aset VoP Produksi PT KAI, Edi Harjono, mengatakan, dari pihak PT KAI sebenarnya sudah siap untuk merevitalisasi stasiun Jurang Mangu dengan sistem Park dan Ride. Dengan sistem ini, masyarakat akan nyaman menggunakan moda transportasi massal Kereta Api.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kota Tangerang Selatan, Mursan Sobari, menjelaskan, pada tahun 2012 ini melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Perubahan. Pemerintah Daerah akan melakukan pembebasan lahan, pelebaran jalan, mengatur rute angkot, membuat underpass dan beberapa pekerjaan yang terkait dengan infrastruktur.

“Nanti pada tahun 2013 barulah proses revitalisasi Stasiun Jurang Mangu akan segera dilaksanakan. Namun masing – masing pihak saat ini juga sedang  mempersiapkan apa yang menjadi tugas mereka. Sehingga pada saat pelaksanaan nanti, tidak terjadi kendala berarti dan hanya tinggal pelaksanaan teknis saja,” jelas Mursan, ditemui usai rapat evalusi.

Turut hadir didalam rapat evaluasi tersebut, perwakilan dari Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Kepala Dishubkominfo Provinsi Banten M Husni Hasan, PT Bintaro Serpong Damai Tol dan pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kota Tangerang Selatan.

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top