Connect with us

Dinas Pariwisata Tangsel Berikan Sertifikat, Ratusan Penari Teriak Histeris di Mall WTC Serpong

BANTEN OKE

Dinas Pariwisata Tangsel Berikan Sertifikat, Ratusan Penari Teriak Histeris di Mall WTC Serpong

Ratusan penari yang tergabung di bawah asuhan Komunitas Seniman Tari Tangerang Selatan (KSTT) teriak histeris saat pembawa acara mengumumkan pemenang lomba tari nusantara yang berlangsung di Mall WTC Bumi Serpong Damai (BSD), Serpong Utara.

Mengenakan berbagai macam pernak-pernik kostum unik, warna-warni riasan dan beragam gerakan penari dari siswi sekolah di Tangsel seolah mampu menghipnotis penonton untuk enggan mengedipkan mata agar tak ketinggalan gerakan tari yang sayang di lewatkan.

Di buka oleh owner warung Lengkong sekaligus pemerhati kesenian Tangsel, Lista Hurustiati turut memberikan apresiasi dengan menitipkan uang saku kepada panitia yang di peruntukan sebagai hadiah kepada juara 1, 2 dan 3 di setiap tingkatan sekolah.

Dari pantauan wartawan di lapangan, turut hadir Edi Wahyu, mantan kepala dinas pariwisata Kota Tangsel sekaligus pemerhati budaya Banten, Sugeng, kepala seksi budaya dindikbud Tangsel, pembina KSTT Muhamad Basalamah yang akrab di sapa Achmad dan juga drg. Ellen Hutabarat, M.Si, kepala dinas Pariwisata Tangsel.

Saat di mintai keterangannya, Ellen mengatakan, seseorang murid harus memiliki kreatifitas untuk dirinya sendiri sebagai bekal di masa mendatang.

“Saya berharap, bagi penari yang sudah memiliki skill di bidang seni tari agar lebih mengasah sisi kreatifitasnya lagi. Ya nantinya kan dapat di jadikan pertimbangan saat masuk ke akademis. Dari kami itu kita berikan sertifikat,” ujar Kadis Pariwisata Tangsel (5/3/2023)

Sosok dokter yang juga pernah ikut lomba tari semasa remaja, berkat tari pula Ellen dapat beratatap muka langsung dengan orang nomor 1 di Indonesia yakni Presiden.

“Dari kecil itu saya memiliki cita cita menjadi dokter, setelah terlaksana, kemudian saya bekerja menjadi tenaga medis di puskesmas. Tapi dengan tarian saya bisa masuk ke istana loh,” ucapnya di hadapan ratusan penari.

Acara yang di inisiasi oleh KSTT dan juga menggandeng delapan (8) sanggar tari di Tangsel, diantaranya Sanggar Kencana Wungu, sanggar Ayunda Puspita, sanggar Bintang Pelangi, Dyoti’s Studio, sanggar Bes Q, Sanggar Mirah, sanggar Tari Bali Puspita dan Sanggar T & R Studio tersebut juga di dukung oleh warung lengkong, pemkot Tangsel, dan Mall WTC.

Penari yang berhasil jadi juara, selain mendapatkan uang pembinaan dan piala, nantinya, akan ikut dalam pagelaran kedinasan di bawah asuhan dinas kebudayaan Tangsel dan juga di tampilkan dalam acara pariwisata Kota Tangsel.

Sementara itu, pembina KSTT, Achmad menjelaskan, lahirnya KSTT berawal semenjak parade budaya dan berlanjut kepada pembentukan komunitas khusus seni tari.

“Awalnya itu sejak kami ikut di event parade budaya nasional dan internasional menyambut hut Tangsel yang ke-14. Kami menilai, pelaku seni ini masih terpecah-pecah. Oleh karena itu kami bentuk wadah KSTT ini. Meski tak semudah yang di bayangkan, kami menjalaninya dengan menikmati proses,” jelas Achmad

Di katakan Achmad, dari pondasi 8 sanggar ini, dirinya yakin kepada pengurus KSTT mampu mempersatukan seniman tari dan menjadi tuan rumah untuk event nasional bahkan internasional.

“Saya berharap, KSTT ini mampu menjadi wadah pemersatu seniman tari. Jika sudah bersatu, Tangsel ini akan dapat menjadi tuan rumah kebudayaan tari. Di Tangsel itu banyak seniman hebat, dan itu kita gambarkan seperti pola. Sehingga, pola-pola itu layaknya baju, akan di jahit menjadi satu sehingga akan lebih indah dan berguna multi fungsi dan dapat di pergunakan di seluruh wilayah Indonesia,” terangnya

Memiliki kekayaan keberagaman etnis di Tangsel, Achmad juga berharap, agar KSTT dapat melahirkan gerakan baru bagi seni tari di Tangsel.

“Tangsel itu banyak suku, kita punya semuanya. Yah, semoga ini dapat di jadikan tantangan KSTT untuk berkontribusi menciptakan gerakan baru dalam seni tari sebagai kekuatan budaya Tangsel. Tentunya, dengan bersinergi kepada dinas terkait,” tutupnya (Adt)

To Top