Connect with us

9 Rekomendasi Formats untuk Wali Kota Tangsel

Info Tangsel

9 Rekomendasi Formats untuk Wali Kota Tangsel

Pengurus Forum Masyarakat Tangerang Selatan (Formats) periode 2021-2025 resmi dikukuhkan pada Selasa (28/12/2021).

Bertajuk “Menjaga Marwah Cita-Cita Pembangunan Tangsel” acara pengukuhan digelar di Resto Kampung Anggrek, Jalan Raya Buaran Victor, Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel).

H. Tri Satriya S yang pernah menjabat sebagai anggota dewan, didaulatkan memimpin Formats periode 2021-2025 mendatang.

Hadir dalam pengukuhan Pendiri Kota Tangsel K.H. Zarkasyi Nur, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, Wakil Ketua DPRD Tangsel Iwan Rahayu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toto, dan tokoh-tokoh Cipasera.

Satriya yang baru saja dikukuhkan mengatakan, Formats akan selalu seiring dengan pemerintah untuk mensejahterakan masyarakat Kota Tangsel.

“Saya yakin, kita semua yang ada disini mempunyai tujuan yang sama,” ujarnya.

Berdasarkan data, lanjut Satriya, Tangsel mengalami lima kali peningkatan pendapatan dalam 11 tahun. Dia pun mempertanyakan, apakah semua itu dirasakan oleh masyarakat.

“Sederhana, kita pelototi bersama dalam rancangan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) oleh Pemkot dan DPRD, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.

Menurut Satriya, Formats selalu didukung oleh seluruh elemen masyarakat. Oleh karena itu, dia meyakini bahwa Pemkot Tangsel akan selalu ada untuk masyarakat

“Bung Karno pernah mengatakan, ayo! Kita tertawa dan menangis bersama rakyat. Saya yakin, Pemerintah Daerah juga mempunyai pemikiran seperti itu,” tandasnya.

Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie

Sementara, Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie menyambut dengan gembira dilantiknya Formats. Menurutnya, Formats ini bukan organisasi baru, melainkan sudah ada sejak awal pembentukan Kota Tangerang Selatan.

Benyamin berharap, Formats bisa menjadi mitra strategis Pemkot Tangsel dalam mengkoreksi dan mendiskusikan banyak hal terhadap jalannya pembangunan di Kota Tangsel.

“Yang ada di Formats adalah orang-orang yang mempunyai banyak pengalaman di bidang legislasi dan eksekusi. Saya yakin masukan-masukan yang tadi sudah disampaikan, baru sebagian, nanti pasti akan ada banyak lagi. Kedepannya, saya akan banyak mengajak Formats untuk dialog, diskusi, dan lain sebagainya,” terangnya.

Merasa Pemkot Tangsel belum optimal dalam kinerjanya, setelah acara pengukuhan, Formats membacakan pokok-pokok pikiran yang akan disampaikan kepada Wali Kota Tangsel untuk perubahan anggaran 2023, yang tertuang dalam 9 rekomendasi diantaranya:

1. Merancang sistem pendidikan terpadu dalam hal penerimaan siswa baru, membangun kesetaraan kualitas lembaga pendidikan swasta dan negeri, pendataan siswa baru tidak mampu, dan penyediaan beasiswa dengan anggaran yang memadai yang diperuntukan bagi siswa berprestasi warga Tangsel.

2. Meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan murah adalah kebutuhan mendesak. Besarnya jumlah rumah sakit yang dikelola oleh pemerintah kualitasnya sangat rendah, dibandingkan rumah sakit swasta. Sehingga untuk mendapatkan kualitas kesehatan, harus dengan biaya yang mahal.

3. Mengurangi ketimpangan daerah yang dibangun oleh pemegang perumahan dan arah perkampungan, dengan melakukan pembangunan pemukiman kumuh perkotaan menjadi layak huni yang dapat memberikan nilai tambah kepada penghuninya, serta upaya menyediakan ruang publik perkotaan yang nyaman dan aman area perkampungan.

4. Perlu dibangun sistem pengendalian banjir dan penyediaan rutinitas telekomunikasi, listrik, dan air terpadu.

5. Upaya peningkatan kuantitas dan kualitas investasi dalam menciptakan iklim investasi.

6. Upaya agar semua penduduk usia sekolah di Tangerang Selatan harus mendapatkan akses pendidikan dasar, sehingga angka partisipasi murni untuk tingkat SD dan SMP dapat mencapai 100%.

7. Upaya penanganan kemacetan untuk mempercepat pembangunan dan mengurangi ketimpangan daerah.

8. Upaya penanggulangan dampak Covid-19, terutama perekonomian masyarakat.

9. Upaya peningkatan profesionalisme ASN dan Reformasi Birokrasi melalui upaya pencegahan korupsi yang sistematis.

(Eno)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top