Info Tangsel

Launching RPP dan Sipangsi, Benyamin: Harap Tingkat Partisipasi Pemilih Meningkat

Published on

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) dan Launching Aplikasi Sistem Informasi Pemilu dan Pemilihan Kota Tangsel Terintegrasi (Sipangsi).

“Saya harap dengan adanya RPP dan Sipangsi ini, tingkat partisipasi pemilih di Kota Tangsel meningkat,” ujar Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, saat meresmikan RPP di Setu, Rabu (22/12).

“Ini langkah maju, dan saya menyambut baik launching ini,” tambahnya.

Sipangsi ini yang akan digunakan dalam pemilihan apapun baik pemilihan RT, RW maupun nasional.

“Saya berharap, melalui sistem informasi yang diluncurkan bisa mempermudah kita untuk mengetahui posisi datanya ada dimana. Mudah-mudahan RPP dan Sipangsi ini bisa meningkatkan partisipasi politik masyarakat di Tangsel, dengan ditandai meningkatnya pemilih dan yang hadir saat pemungutan suara,” tuturnya.

Sementara, Ketua KPU Kota Tangsel M. Taufiq MZ mengatakan, RPP Blandongan Demokrasi sudah ada sejak kepengurusan KPU sebelumnya. Sebagai produk RPP adalah aplikasi Sipangsi. “Sipangsi ini adalah aplikasi dan maskot kita di Pilkada 2020,” katanya.

Kemudian, lanjut Taufiq, diproduk RPP itu ada input e-voting sebagai sarana atau media pendidikan demokrasi dan politik di Kota Tangsel.

“RPP harus berinovasi secara digital dan milenial, yakni dengan semua informasi kepemiluan ada dalam genggaman kita lewat Sipangsi. disana ada coklit sampai tataran atau titik koordinat semua TPS yang ada di Tangsel infonya ada disana,” urainya.

Ditempat yang sama, Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pramono Ubaid Tanthowi menyampaikan, salah satu kunci penting dalam demokrasi adalah partisipasi masyarakat.

“Partisipasi tidak hanya sebatas pada partisipasi pemilih saat pemungutan suara, namun keterlibatan masyarakat secara luas pada proses pemilu. Agar pemilu sukses, maka keterlibatan dan partisipasi masyarakat diperlukan,” terangnya.

Didalam aplikasi Sipangsi, terdapat banyak fitur yang memfasilitasi partisipasi masyarakat dalam berbagai hal terkait pemilu. (Eno).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version