Connect with us

Tumbuhkan Daya Kreativitas Anak, SDI Al Azhar BSD Gelar “Science is Our Live be Curious”

Edukasi

Tumbuhkan Daya Kreativitas Anak, SDI Al Azhar BSD Gelar “Science is Our Live be Curious”

Sebagai upaya mendorong minat anak-anak peserta didik pada dunia sains, Sekolah Dasar (SD) Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai (BSD) Kota Tangerang Selatan menggelar acara Science Day 2021 untuk Peserta Didik Cerdas Istimewa (PDCI-12 dan PDCI-13) dengan tema “Science is Our Live be Curious”.

Acara tersebut dilaksanakan di lingkungan sekolah dengan menekankan protokol kesehatan seperti cek suhu badan di depan gerbang sekolah, mencuci tangan, memakai masker, serta menjaga jarak. Namun ada juga yang mengikuti kegiatan tersebut melalui virtual dari rumah.

Ini merupakan acara perdana yang diadakan SD Islam Al Azhar BSD di masa pandemi. Sebelum pandemi, acara tersebut dilakukan ke luar sekolah agar anak-anak lebih bisa berbaur dengan lingkungan.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, mulai hari Rabu (3/11) sebagai Grand Opening science day, hari Sabtu (6/11), sebagai pelaksanaannya dan kegiatan ini diikuti seluruh PDCI-12 dan PDCI-13 sebanyak 40 orang.

Ketua pelaksana Science Day, Deli Rita S.Pd. menjelaskan, karena sudah memasuki waktu Persiapan Tatap Muka (PTM), maka acara ini dilaksanakan secara langsung di sekolah. Namun, ada juga yang via daring dari rumah.

“Jadi, acara Science Day 2021 ini berlangsung secara bertahap dengan 2 sesi. Sesi pertama dari jam 07.30 -09.30 untuk kelas PDCI-12 dan sesi kedua mulai dari jam 09.30-11.30 untuk PDCI-13,” ungkap Deli kepada wartawan, Sabtu (6/11/2021).

Science Day 2021 yang diadakan oleh SD Islam Al Azhar BSD ini, merupakan model pendidikan informal, bertujuan untuk menumbuhkan daya kreativitas dan inovasi anak melalui permainan berbasis sains, dikemas melalui ajang kompetisi eksperimen sains yang menyenangkan.

Khusus kebermanfaatan untuk peserta didik di bidang sains dan memaksimalkan kegiatan ini, SD Islam Al Azhar BSD berkerjasama dengan Rumah Eksplorasi, lembaga yang menggeluti kegiatan sains.

Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, Malikul Islam S.S.I menambahkan, Science day kita adakan supaya anak-anak bisa, berinovasi mandiri, berkolaborasi, berkomunikasi, serta mengeksplorasi yang mana kegiatan Science Day ini sebagak implementasi pembelajaran abad 21.

“Singkatnya, di KBM para siswa mendapatkan teori-teorinya, dan di acara Science Day inilah waktunya para siswa PDCI untuk mempraktekkan materi-materi yang telah mereka dapat di kelas. Ini juga sebagai implementasi bahwa siswa harus menghasilkan sebuah karya dengan bentuk sains yang jelas,” ujarnya.

Acara Science Day ini juga merupakan implementasi pembelajaran di luar kelas, yakni kegiatan yang menunjang kegiatan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

Kegiatan ini mendapat respon yang positif dari wali murid dan terutama bagi peserta didik yang mengikuti acaranya, peserta sangat senang dan antusias dalam mengikuti acara tersebut.

Dilain sisi, Kepala SD Islam Al Azhar BSD, Dra. Asuroh sangat mengapresiasi kegiatan Science Day ini, dan menerangkan selama ini kegiatan belajar mengajar sudah dilakukan dengan teori. Jadi, kegiatan Science Day 2021 tersebut bertujuan agar siswa-siswi manambah wawasan, pengalaman, dan langsung melakukan eksperimen di bidang sains.

“Saya berharap kegiatan ini rutin dan terus menerus dapat dilaksanakan, guna menumbuhkan minat anak di bidang sains,” pungkasnya. (Red/Apip).

To Top