Connect with us

Tanamkan Nilai-Nilai Islam, SDI Al Azhar BSD Gelar Imtihan Tahfidz

Edukasi

Tanamkan Nilai-Nilai Islam, SDI Al Azhar BSD Gelar Imtihan Tahfidz

Dalam membentuk peserta didik agar selalu menanamkan nilai-nilai islam dan cinta terhadap Al Quran, SD Islam Al Azhar Bumi Serpong Damai (BSD), Tangerang Selatan (Tangsel) menyelenggarakan kegiatan Imtihan Tahfidz secara daring dengan tema “Membentuk Generasi Muslim Cinta dan Hafal Al Quran”

Kegiatan tersebut adalah ujian Al Quran dari lanjutan program Tahfidz, yang merupakan program unggulan di SD Islam Al Azhar dalam menghafal Al Quran.

Tujuan SD Islam Al Azhar mengadakan program ini untuk membantu siswa-siswi mengoptimalkan kompetensi dalam menghafal Al Quran, mewujudkan pencapaian target program tahfidz, serta memotivasi siswa-siswi agar cinta terhadap Al Quran.

Dra. Hj. Sri Haryati, Wakepsek Bidang Keagamaan

Wakil Kepala Sekolah bidang keagamaan, Dra. Hj. Sri Haryati menjelaskan, Keberhasilan progam ini merupakan keharusan bagi seluruh peserta didik SD Islam Al Azhar terutama siswa kelas 6.

“Jadi, kegiatan ini adalah kewajiban bagi siswa-siswi untuk pengembangan di bidang Al Quran, dan ini juga merupakan tuntutan dari orang tua murid agar anaknya bisa membaca dan menghafal Al Quran”, ungkapnya kepada wartawan, Sabtu (2/10/2021).

Bu Sri, sapaan akrabnya, yang telah menempuh pendidikan S1-nya di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jakarta dan sekarang berganti menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta menerangkan, kegiatan Imtihan ini dilakukan secara bertahap yakni, kelas 1 minimal hafal dari Qur’an Surat (Q.S) Al Fatihah sampai Q.S An Nashr

Kemudian kelas 2 dari Q.S Al Fatihah sampai Q.S Al Alaq, kelas 3 dari Q.S Al Fatihah sampai Q.S Al Balad, dan kelas 4 dari Q.S surat Al Fatihah sampai Q.S Al Buruj.

Lalu, kelas 5 dari Q.S Al Fatihah sampai Q.S At Takwir, serta kelas 6 dari Q.S Al Fatihah sampai Q.S Al A’laa. Target umum seluruh siswa sampai hafal Al-Qur’an juz 30 dan juz lainnya jika dimungkinkan.

“Karena kondisi nya lagi pandemi maka kami menyelenggarakan Imtihan tahfidz ini secara via online dan dilakukan secara bertahap,” ujarnya.

Dalam kegiatan ini, kata Bu Sri, mendapat respon yang baik dari orang tua murid lantaran anaknya dapat berkembang dalam menghafal Al Quran.

Kegiatan ini berlangsung selama 4 hari secara daring, mulai dari hari Senin sampai hari Rabu, (27-29/9) untuk kelas 1 sampai kelas 5. Sedangkan di hari Sabtu, (2/10) untuk kelas 6.

Menurut Bu Sri, dengan adanya haflah atau wisuda program Tahfidz ini, dimaksudkan menumbuhkan motivasi dan semangat peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an.

“Alhamdulillah, kemarin juga ada anak kelas 2 yang sudah hafal juz 30, dan nanti akan dilanjutkan untuk menghafal juz 29 sampai seterusnya,” tuturnya.

“Semoga Imtihan tahfidz berikutnya di akhir semester satu dan dua dapat berjalan dengan lancar dan sukses lagi,” pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di SD Islam Al Azhar BSD, setiap mata pelajaran harus ada penjiwaan keagamaan. Kerangka besar nya harus mengacu pada nilai-nilai Islam. (Red/Apip).

To Top