Connect with us

APEKSI Imbau Pemda Persiapkan Diri Hadapi ‘New Normal’

INDONESIA OKE

APEKSI Imbau Pemda Persiapkan Diri Hadapi ‘New Normal’

Airin Rachmi Diany, Ketua Umum Apeksi yang sekaligus Walikota Tangerang Selatan, Senin (18/5), menyampaikan bahwa pemerintah daerah di seluruh Indonesia harus mempersiapkan diri untuk menghadapi tatanan kehidupan normal yang baru atau new normal, akibat dari dampak pandemi covid-19 yang sangat besar.

“Pandemi covid-19 memiliki dampak yang sangat besar bagi kehidupan kita semua. Pandemi ini merubah cara kita beraktifitas sehari-hari, cara kita berinteraksi, cara kita beribadah, cara kita bekerja dan lain-lain. Perubahan dalam berbagai aspek ini, tidak akan hilang begitu saja, bahkan ketika pandemi ini berakhir. Terlebih kita masih belum memastikan kapan wabah covid-19 benar-benar akan berakhir, karena di beberapa negara ditemukan fenomena wabah gelombang kedua atau second wave dan adanya mutasi virus covid-19 dengan strain yang baru”.

“Melihat hal ini, pemerintah daerah harus siap menghadapi adanya new normal ini. Pemda harus mampu menyesuaikan diri, atau dengan kata lain pemda harus adaptif. Sebagai contoh, kita harus mampu memanfaatkan teknologi dengan lebih maksimal agar cara bekerja kita menjadi lebih efisien, efektif dan kita mampu melayani masyarakat dengan lebih baik. Pemda juga harus menjadi lebih inovatif dalam rangka mencari sumber pembiayaan program pembangunan tanpa harus memberatkan masyarakat, karena kita melihat pandemi ini memiliki dampak juga terhadap keuangan daerah”. Tambah Airin.

Airin juga mengungkapkan bahwa di dalam kondisi apapun, kita semua harus mampu melihat sisi positif dan mengambil hikmah. “Satu sikap yang harus kita tanamkan adalah bahwa kita harus selalu mampu melihat sisi positif dan mengambil hikmah dari apapun yang terjadi. Kita harus mampu mengambil pelajaran, untuk kemudian menjadi bahan bagi kita dalam rangka melakukan perbaikan ke depan. Kita harus tetap optimis dan tidak boleh menyerah”.(humas-kominfo).

To Top