Connect with us

Kemendagri Akan Selenggarakan Temu Karya Nasional dan Pindeskel Tahun 2019

INDONESIA OKE

Kemendagri Akan Selenggarakan Temu Karya Nasional dan Pindeskel Tahun 2019

Kementerian Dalam Negeri melalui Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri akan menyelenggarakan Temu Karya Nasional Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2019 dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan (Pindeskel) Tahun 2019 yang berlangsung di Jakarta pada 15 Agustus 2019 hingga 19 Agustus 2019.

Hal itu disampaikan Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Eko Prasentyanto Purnomo Putra dalam Rapat Koordinasi Teknis Temu Karya Nasional Juara Lomba Desa dan Kelurahan Tahun 2019 dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2019 di Kantor Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, Jakarta, Jumat (12/07/2019).

Ia menjelaskan tema tahun ini adalah Temu Karya Nasional dan Pekan Inovasi Perkembangan Desa dan Kelurahan Tahun 2019 yang Berlandaskan Semangat dan Budaya Gotong royong,kita Wujudkan Desa dan Kelurahan yang Maju, Mandiri, Sejahtera untuk Menuju Indonesia Unggul.

Eko menjelaskan, acara ini akan dihadiri sekitar 400 peserta yang terdiri dari Gubernur, Bupati/ Walikota, Dinas PMD Provinsi, kabupaten, dan kota, kepala desa, lurah, camat, Ketua TP PKK, Ketua BPD.

“Semua peserta yang hadir ini adalah dari provinsi yang lurah dan camatnya terpilih sebagai juara di Lomba Desa dan Kelurahan di tingkat provinsi pada tahun 2019 ini,” ujarnya.

Eko menjelaskan, dalam acara ini akan diumumkan pemenang dari lima desa dan lima kelurahan di tingkat regional yang memiliki skor tertinggi dalam evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan, dan kemasyarakatan di tingkat desa dan kelurahan.

“Lomba Desa dan Kelurahan ini mengacu pada Permendagri Nomor 81 Tahun 2015 tentang Evaluasi Perkembangan Desa dan Kelurahan,” ujar Eko.

Pelaksanaan Lomba Desa dan Kelurahan sudah berlangsung sejak 15 Juni 2019 dengan berbagai tahapan sejak pengumpulan dokumen administrasi di tingkat daerah, penilaian administrasi, klarifikasi lapangan hingga penetapan juara desa dan kelurahan di tingkat regional.

“Tujuan lomba desa dan kelurahan ini sebagai ajang bagi desa dan kelurahan untuk saling share, berbagi pengalaman demi mewujudkan Indonesia yang maju, mandiri dan sejahtera sehingga seperti disampaikan Presiden Jokowi untuk mewujudkan Indonesia yang unggul. Lomba Desa dan kelurahan ini juga sejalan dengan pernyataan Pak Mendagri Tjahjo Kumolo dalam mewujudkan satu poros pemerintahan yang dimulai dari desa dan kelurahan,” ujarnya.

Dalam rangkaian acara ini, peserta akan mengikuti sejumlah acara seperti berdiskusi dengan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi, mengikuti renungan suci di TMP Kalibata, mengikuti pidato Kenegeraan di Gedung DPR/MPR, menghadiri Upacara Peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI di Istana Negara, serta mengikuti cerdas cermat terkait masalah penyelenggaraan pemerintahan. (Puspen Kemendagri)

Continue Reading
Advertisement
To Top