Connect with us

PT PITS Dan PT PP Infrastruktur Bangun SPAM Untuk Warga Tangsel

Info Tangerang

PT PITS Dan PT PP Infrastruktur Bangun SPAM Untuk Warga Tangsel

Untuk menyelesaikan program Rancangan Pemerintah Jangka Menengah (RPJMD) 2019 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dalam menyediakan air bersih bagi seluruh warga Tangsel. Perusahaan BUMD Kota Tangsel PT. Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) bekerja sama dengan PT PP Infrastruktur (anak perusahaan PT PP, Tbk) membangun Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Angke di Parakan, Pondok Benda, Pamulang Tangsel.

Walikota Tangsel, Airin Rachmi Diany saat memberikan sambutan Ground Breaking (Peletakan batu pertama) Pembangunan SPAM Kali Angke tersebut mengatakan, saat ini Kota Tangerang Selatan belum mempunyai sistem air minum yang dioperasikan sendiri dan masih mengandalkan pelayanan dari PDAM TKR Kabupaten Tangerang serta pelayanan air minum mandiri di perumahan dengan skala besar yang dikelola oleh Pengembang (developer).

“Cakupan pelayanan air minum kota Tangerang Selatan saat ini masih sangat rendah yaitu 7%, sedangkan target pada RPJMD penyediaan air minum Kota Tangerang Selatan yang harus dicapai adalah 40% pada tahun 2019. Dan alhamdulillah hari ini kita sudah mulai melaksanakan program tersebut,” kata Airin di Parakan Samping SPBU Parakan, Jumat, (23/11/18).

Airin menambahkan bahwa BUMD Tangsel PT PITS yakni Divisi Air bekerjasama dengan PT. PP Infrastruktur membentuk badan usaha pelaksana kerja yaitu PT. Tirta Tangsel Mandiri (TTM) yang mana akan mengelola Sistem Penyediaan Air Minum tersebut. “Kerjasama antara PT. PITS dengan PT. PP Infrastrutur adalah business to beusniss (B2B) jadi kerjasama ini akan berlangsung selama 30 tahun dimulai sejak beropresinya SPAM ini,” imbuh Airin.

Di sisi yang sama Direktur Utama PT PITS, Dudung E Diredja mengatakan bahwa Dengan pembangunan proyek ini diharapkan dapat menambah pelayanan untuk 33.500 lebih sambungan langsung ke rumah-rumah, yang berarti memberikan tambahan layanan sekitar 167.000 penduduk TangSel (+/- 38%) untuk mendapatkan akses langsung air minum.

“Tahun 2018 PT PITS sudah Sharing 4500 sambungan rumah, dan tahun depan akan kita sharing 33.500 sambungan rumah, jadi itulah kiprah kita antara PT. TTM dan PT. PITS dalam membantu program pemerintah Kota Tangsel. Dan Kerjasama ini PP Infrastruktur mengeluarkan investasi 340 milyar, dan itu murni dari PP Infrastruktur,” jelas Dirut PT. PITS, Dudung.

Contoh Gedung SPAM Kali Angke, Parakan, Pondok Bendam Pamulangm Jumatm (23/11/18).

Terkait kebutuhan masyarakat Kota Tangsel dalam penyediaan Air Minum, Direktur Utama PT. TTM, Deni Kadarwati mengatakan jalur distribusi pipa saluran air secara keseluruhan dari hulu ke hilir mencapai 300 kilo meter.

“Untuk Chapter Kali Angke yang meliputi Pamulang dan Ciputat, jadi dalam 1 rumah berisi 5 orang bisa dilayani karena distribusinya 200 liter/detik, dan instalasi distribusi pipanya yang mencapai 300 km dari pusat sampai ke rumah-rumah akan diselesaikan selama 3 minggu,” ujar Bu Direktur Deni Kadarwati. (Dh).

 

 

Continue Reading
Advertisement
To Top