Connect with us

Gema Kosgoro Mendesak Menteri Rini Soemarno Mundur

INDONESIA OKE

Gema Kosgoro Mendesak Menteri Rini Soemarno Mundur

Gerakan Mahasiswa (Gema) Kosgoro turun aksi mendesak Menteri Badan Udaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno untuk segera mengundurkan diri pasca mengalami kerugian 24 BUMN pada semester I/2017 mencapai Rp 5,852 trilyun. Di depan gedung Kementrian BUMN, jalan Merdeka Selatan, Jumat (06/10/17).

Pasalnya, Rini Soemarno sebagai mentri BUMN sudah gagal dalam menjalankan tugasnya untuk meningkatkan serta menjaga kedaulatan BUMN Republik Indonesia.

“Kerugian 24 BUMN pada semester I/2017 sebesar Rp 5,852 trilyun menandakan ada yg gagal dalam pembinaan menteri BUMN. Makanya kami mendesak Rini legowo mundur,” kata Ketua Bidang Penggalangan Massa Gema Kosgoro Egi Hendrawan yang juga kordinator aksi dalam orasinya pada aksi unjuk rasa di Kementerian BUMN.

Ada lima hal dalam pernyataan aksi yang diserukan Gema Kosgoro. Pertama, Gema Kosgoro mendukung penuh Presiden Jokowi membenahi BUMN hingga menjadi sehat, bermanfaat dan menguntungkan sehingga memberikan kontribusi kepada APBN.

“Yang kedua, Gema Kosgoro menuntut Kementerian BUMN untuk menutup BUMN sakit dan yang selalu merugi karena membebani keuangan negara,” kata Egi.

Sedangkan yang ketiga, Gema Kosgoro mendesak Kementerian BUMN untuk memecat direksi dan komisaris pada BUMN sakit dan selalu merugi.

“Keempat Gema Kosgoro juga menolak penempatan pejabat di Kementerian maupun non kementerian yang merangkap jabatan pada BUMN,” katanya.

Dan yang kelima sebagai bentuk pertanggungjawaban kerugian yang dialami BUMN maka Gema Kosgoro meminta Rini mengundurkan diri sebagai menteri BUMN.

Egi mengatakan, berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2003 tentang BUMN sudah disebutkan bahwa fungsi BUMN salah satunya adalah mengejar keuntungan. Sedangkan Menteri BUMN memiliki tugas melakukan pembinaan terhadap BUMN.

“Jadi kalau masih ada BUMN yang mengalami kerugian maka ini menandakan pembinaan dari Kementerian BUMN gagal,” kata dia.

Egi mengakui memang ada sejumlah BUMN yang memiliki kinerja yang kinclong. Namun semestinya Kementerian BUMN tidak boleh mentolerir adanya BUMN yang rugi. Mengapa? Karena modal BUMN berasal dari penyertaan modal negara yang bersumber dari APBN yang jelas-jelas merupakan uang rakyat.

“BUMN tidak boleh rugi. Harus untung sehingga dapat memberikan kontribusi kepada kas negara,” katanya. (Har)

 

Adapun 24 BUMN rugi, antara lain:
* PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)
* Perum Bulog
* PT Berdikari (Persero)
* PT Indofarma (Persero) Tbk
* PT Energy Management Indonesia (Persero)
* PT Hotel Indonesia Natour (Persero)
* PT Pos Indonesia (Persero)
* Perum PFN
* PT Aneka Tambang (Persero) Tbk
* PT Balai Pustaka (Persero)
* PT PAL Indonesia (Persero)
* PT Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero)
* PT Krakatau Steel (Persero) Tbk
* PT Boma Bisma Indra (Persero)
* PT INTI (Persero)
* PT Dirgantara Indonesia (Persero)
* PT Amarta Karya (Persero)
* PT PDI Pulau Batam (Persero)
* Perum Damri
* PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk
* PT Danareksa (Persero)
* PT Pengembangan Armada Niaga Nasional (Persero)
* PT Iglas (Persero)
* PT Istaka Karya (Persero)

 

To Top