Connect with us

Alibaba Suntikan Dana Sebesar Rp14,7 Triliun ke Tokopedia

Tekno

Alibaba Suntikan Dana Sebesar Rp14,7 Triliun ke Tokopedia

Perusahaan e-commerce terbesar di Indonesia Tokopedia kemarin mengonfirmasi dan mengumumkan perolehan investasi sebesar USD1,1 miliar atau setara Rp14,7 triliun dari perusahaan raksasa Internet di China Alibaba.

Pada acara ulang tahun perusahaanya di Jakarta, CEO Tokopedia William Tanuwijaya mengumumkan bahwa Alibaba akan menjadi pemangku kepentingan minoritas di perusahaannya yang berdiri secara resmi sejak 17 Agustus 2009.

“Kemitraan denga Alibaba akan meningkatkan skala dan kualitas pelayanan Tokopedia kepada pelanggannya dan memudah para pedagang dan mitra untuk melakukan bisnis di seluruh nusantara,” ujar William Tanuwijaya di Pullman Central Park, Jakarta, Kamis (17/8).

Pendiri Tokopedia yang pernah mengenyam profesi sebagai penjaga warnet mengganggap Alibaba sebagai teladan bagi perusahaannya.

“Kami selalu menganggap Alibaba sebagai guru dan teladan kami, dan kami sangat antusias menyambut mereka sebagai pemegang saham,” ujar William Tanuwijaya di hadapan ribuan tamu undangan perayaan ulang tahun ke-delapan Tokopedia.

Untuk diketahui di balik kesuksesan Tokopedia, ada cerita dan perjuangan William Tanuwijaya, CEO sekaligus Co-Founder Tokopedia, dalam membangun mimpinya.

William lahir dan besar di Pematang Siantar, Sumatera Utara. Perjalanannya dimulai setelah ia lulus SMA. Saat itu, orang tuanya ingin William berkuliah ke Jakarta agar ia memiliki kehidupan yang lebih baik. Dengan kondisi ekonomi keluarga yang sedang goyah, William berusaha menghidupi diri sendiri dengan bekerja paruh waktu sebagai penjaga warnet.

William juga percaya bahwa suatu hari nanti internet akan mengubah dunia. Kini keyakinan William terbukti benar. Keberadaan internet tak hanya mengubah dunia, tapi juga hidup William. (inet/mdr)

Continue Reading
Advertisement
To Top