Connect with us

Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Info Tangsel

Ini Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

Hari Raya Idul Fitri tinggal menghitung hari lagi. Momen ini dimanfaatkan hampir kebanyakan warga muslim bahkan tak jarang warga non muslim untuk mudik ke kampung halaman.

Aktifitas mudik setahun sekali ini menjadi ciri khas kaum urban dari pelbagai strata sosial, dari buruh pabrik hingga pemilik perusahaan besar.

Seiring dengan fenomena mudik tersebut akan banyak sekali rumah-rumah yang ditinggalkan pemiliknya, terutama di komplek-komplek perumahan di perkotaan. Rumah yang tak berpenghuni alias kosong ini tak jarang menjadi target pelaku kejahatan rumah kosong (rumsong).

Selain jadi sasaran tindak kejahatan, rumah kosong pun menjadi rentan dari musibah kebakaran akibat kebocoran gas dan korsleting listrik. Tentunya kita semua tak berharap musibah ini terjadi tetapi hal itu kerap menghantui pikiran dan membuat kita was-was dikala mudik.

Nah, berikuti ini Tangseloke berikan beberapa tips aman meninggalkan rumah saat mudik lebaran.

1. Pastikan rumah telah terkunci

Semua akses masuk ke dalam pekarangan dan rumah, seperti pintu pagar, pintu rumah, dan jendela sudah terkunci rapat. Gunakan perlengkapan kunci yang tidak standar, kunci kombinasi dan gembok rantai bisa memperkuat keamanan. Bila anda memiliki kebiasaan menaruh anak kunci di bawah keset, karpet, atau pot bunga, hentikan perilaku ini.

2. Pasang Alarm bila diperlukan

Saat ini sudah banyak dijual berbagai jenis alarm rumah yang mudah dipasang. Alarm ini biasanya memiliki beragam sensor seperti, sensor cahaya, sensor gerak, dan sensor tekanan (getaran) yang akan berbunyi cukup kencang ketika sensor-sensor tersebut terpicu oleh tindak kejahatan.

3. Pasang CCTV

Closed Circuit Television (CCTV) yang banyak dijual di pasaran telah mengalami banyak fitur yang berguna untuk dimanfaatkan pemudik untuk mengawasi dan mengamankan rumahnya. Kameranya menggunakan baterai yang bisa diletakan secara sembunyi dan dapat dioperasikan dari jarak jauh melalui telepon selular. Anda bisa tahu kondisi realtime ruang tamu rumah anda ketika anda sedang asik berkumpul bersama keluarga besar di kampung halaman.

4. Cabut semua listrik dan kompor gas

Untuk meminimalisir resiko kebakaran matikan semua perangkat elektronik yang tidak diperlukan. Cabut selang dan regulator kompor gas dari tabungnya untuk menghindari kebocoran.

5. Matikan Keran Air dan saluran utama PDAM

Untuk menghindari kebocoran dan membengkaknya tagihan tidak ada salahnya mematikan keran air utama PDAM rumah anda.

6. Simpan barang berharga di tempat yang aman.

Bila anda memiliki barang berharga seperti perhiasan, barang aksesoris yang mewah seperti koleksi jam tangan jangan disimpan di sembarang tempat. Pastikan benda-benda berharga tersebut disimpan dalam brankas mini yang bisa anda sembunyikan di dalam rumah. Untuk lebih aman anda bisa menyewa Safe Deposit Box di bank-bank langganan anda.

7. Pasang Lampu otomatis

Lampu-lampu otomatis yang memiliki sensor yang sensitif terhadap fluktuasi cahaya. Lampu ini biasanya dipasang di teras rumah akan menyala ketika gelap dan mati saat kondisi cahaya disekitar menjadi terang. Dengan keberadaan lampu ini akan mengesankan bahwa rumah tersebut ada pemiliknya.

8. Titipkan rumah pada orang yang anda percaya

Bila memiliki saudara, teman dekat, atau tetangga yang tidak mudik titipkan rumah anda kepada mereka dan koordinasi dengan ketua RT dan Hansip (keamanan) di lingkungan anda tinggal. Minta mereka secara berkala mengecek kondisi rumah anda.

9. Pasrah dan berdoa kepada Tuhan yang Maha Kuasa

Setelah segala ikhtiar sudah kita lakukan selanjutnya adalah menyerahkan sepenuh hati seluruh harta benda kepada Allah SWT, dengan berdo’a sebelum berangkat mudik membuat hati tenang dan tidak was-was.

Demikian tips meninggalkan rumah saat mudik lebaran yang Tangseloke kumpulkan dari berbagai sumber.

Selamat menempuh perjalanan mudik, Mohon Maaf Lahir & Bathin, Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1438 H (mdr/net)

Continue Reading
Advertisement
To Top