Connect with us

Disdukcapil Tangsel Jemput Bola Layani Masyarakat

Info SKPD

Disdukcapil Tangsel Jemput Bola Layani Masyarakat

akte_keliling_disdukcapil_tangsel_01TANGSELOKE.com- Layanan kepengurusan identitas di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) makin mudah. Lewat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat, petugas sampai jemput bola ke tiap kecamatan guna memenuhi kebutuhan masyarakat.

Rupanya, strategi Disdukcapil Kota Tangsel cukup membuahkan hasil. Terbukti, antusias warga terbilang tinggi mengikuti program pemerintah daerah. Selama program bergulir tahun ini, rata-rata pemohon pembuatan akta kelahiran mencapai 200 berkas tiap kecamatan.

“Untuk pembuatannya, warga tidak dibebankan, bisa didapatkan secara gratis. Layanan pembuatan akte kelahiran kita lakukan secara bergiliran dan berulang di tiap kecamatan yang ada. Hal itu terus dilakukan sampai kebutuhan masyarakat terpenuhi seluruhnya,” ungkap Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian Disdukcapil Kota Tangsel, Indiana Dalianti, Jumat (27/11/2015).
akte_keliling_disdukcapil_tangsel_02
Waktu yang dibutuhkan selama proses pembuatan akta kelahiran keliling cukup singkat. Apabila pemohon sudah melengkapi persyaratan yang dibutuhkan, proses pencetakan akta dapat dilakukan pada hari itu juga.

“Saat itu juga akta lahir bisa langsung jadi. Panitia menyiapkan 100 blanko. Tapi jika pemohon lebih dari itu, masih bisa kita layani,” ujarnya.

Seiring berjalannya waktu, jumlah pemohon semakin berkurang. Kondisi demikian menunjukan, kebutuhan akta kelahiran sudah hampir terpenuhi seluruhnya. Namun, kedepan Disdukcapil Kota Tangsel tetap memberikan layanan sepenuhnya kepada masyarakat.

Terlebih, sekarang diberlakukan pula asas domisili. Jadi masyarakat bisa membuat akta sesuai dengan domisili sesuai KTP. Sehingga tidak perlu jauh-jauh buat di kampung tempat lahirnya.

“Jumlah pemohon dibanding awal tahun jauh berkurang. Belakangan justru pembuatan akta kelahiran lebih banyak bagi masyarakat dewasa yang belum memiliki,” katanya.
Suksesnya program demikian juga dibarengi pencetakan KTP elektronik (e-KTP). Bulan September 2015, Disdukcapil Kota Tangsel berhasil mendistribusikan 11.679 KTP elektronik ke masyarakat. Capaian tersebut terbilang lebih cepat dari target sebelumnya pada bulan Oktober 2015.

“Setelah selesai dicetak, langsung kita bagikan ke kecamatan. Dari situ, mereka distribusikan ke jajaran bawah hingga tiap rumah warga,” terang Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Toto Sudarto.

Dipaparkan secara rinci, tahap awal pendistribusian dilakukan secara simbolis, sebanyak 10.132 KTP. Dimana Kecamatan Pamulang sebanyak 1.923 buah, Pondok Aren 2.001 buah, dan Serpong 1.160 buah.
Sedangkan Kecamatan Serpong Utara sebanyak 910 buah, Ciputat 1.960 buah, Ciputat Timur 1.403 buah, serta Kecamatan Setu 675 buah.

“Untuk 1.647 KTP lainnya sudah diambil langsung oleh warga atau pemohon ke kantor kami (Disdukcapil Kota Tangsel), karena termasuk yang urgent atau penting. Ditambah lagi saat mengurus, para warga itu memprosesnya langsung ke kantor,” tutup Toto. (adv)

Continue Reading
Advertisement
To Top