Connect with us

Medsos Pasangan Petahana Lebih Menarik

COBLOS

Medsos Pasangan Petahana Lebih Menarik

airin-meme4TANGSELOKE.com: Memasuki tahapan kampanye Pemilukada Kota  Tangerang Selatan, masing-masing tim sukses menggunakan beragam strategi  untuk  mendapat simpatik bagi calon pemilih mereka. Salah satu cara ialah mengggunakan  kampanye  di media sosial, baik di Twitter, Facebook dan media sosial  lainnya.

Dari pengamatan yang dilakukan oleh media, dari ketiga calon pasangan Walikota dan Wakilnya yaitu Iksan-Li Claudia, Arsid-Elvier dan Airin-Benyamin, mereka kompak menggunakan media sosial guna  berebut simpatik dan dukungan melalui media sosial.

Tidak hanya untuk mengenalkan diri mereka masing-masing, namun juga para tim sukses memakai cara-cara  kreatif guna menarik  simpatik  para pemilih dan pendukungnya di medsos.

Dari ketiga pasangan itu, hanya pasangan Airin-Benyamin yang dinilai memiliki kreativitas dalam menjaring dukungan bagi pemilih khususnya di mata anak muda. Menurut Irwan, warga yang tinggal di  Ciputat ini menyatakan bahwa dirinya mengikuti perkembangan pemberitaan mengenai pilkada Tangsel ini melalui media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Dirinya mengaku bahwa hingga saat ini dirinya belum menentukan pilihan kepada salah satu kandidat dikarenakan masih  belum adanya calon yang menarik hatinya.

“Yahh ikutin dari media sosial aja sih kalau berita soal pilkada Tangsel, termasuk kampanye tim masing-masing para kandidat,” kata Irwan pria berumur 23 tahun ini.

Namun, walaupun belum memiliki  pilihan kandidat “jagoannya”, pemuda yang sehari-hari bekerja sebagai freelance ini menilai bahwa pasangan nomor  urut  3, Airin-Benyamin dinilainya sangat kreatif untuk mendapat  simpatik  di hati anak-anak muda.

Sebab, lanjut Irwan, kedua pasangan lainnya dalam melakukan kampannye di Medsos terkesan kaku dan tidak “connect” dengan bahasa anak muda saat ini.

Bahkan, lanjutnya, pasangan tersebut cenderung melakukan “serangan” kepada Airin-Benyamin yang membuat anak muda sepertinya tidak simpatik.

“Airin oke banget dimata anak muda. Kampanye di medsosnya kreatif dan kekiniaan. Ada meme kreatif  yang lebih mudah dicerna anak muda ketimbang visi misi yang  banyak kata-katanya. Kalau calon lain cenderung menyerang dan black campaign, jadi gak menarik  buat anak muda, “tambahnya.

Hal senada juga diungkapkan Ricky, warga Reni Jaya ini melihat bahwa untuk menarik hati  pemilih, tim harus kreatif dan inovatif. Tidak bisa mengandalkan kampanye yang  begitu-begitu  saja. Dikatakan Ricky bahwa warga Tangsel seperti dirinya mengikuti perkembangan pemilu Tangsel salah  satunya melalui medsos.  Hampir tidak ada  inovasi semuanya masih standar saja. Bahkan terkesan terlalu negatif dan tidak mencerdaskan.

“Kami sebagai warga melihatnya dari  media sosial. Tidak punya waktu banyak untuk browsing apalagi ikut kampanye terbukanya. Di media sosial sejak beberapa bulan memang sudah ramai. Cuma belum ada kampanye kreatif yang mampu membuat warga melek untuk dukung ketiga  kandidat. Perlu inovasi dan kreativitas yang perlu dibuat bukan hanya menjelek-jelekkan,” kata pria  yang berprofesi sebagai pegawai swasta ini.

Ricky menambahkan bahwa kampanye yang dilakukan di Medsos semuanya tentang kejelekan kandidat. Menshare berita dan opini yang  “menyesatkan”  warga Tangsel. Belum ada  yang membuat simpatik. Masih seputar kekurangan kandidat seperti korupsi,  dinasti dan sebagainya.

“Kampanye  masih menjelek-jelekkan kandidat yang satu dengan yang  lain. Padahal kami berharap informasi yang disajikan secara  kreatif dan inovatif. Bukan yang biasa dan standar. Kalau cuma sekedar share berita dimana kerjanya. Itumah kerjaan yang mudah tidak kreatif, ” terangnya.

Ditanya soal siapakah kandidat  yang dinilainya memiliki potensi kreativitas dalam melakukan kampanye dalam pilkada ini, pria yang mengaku  besar di Tangsel ini mengatakan pasangan nomor urut tiga, Airin-Benyamin.

“Kalau saat ini yang paling kreatif yah pasangan Airin-Benyamin. Mereka kreatif.  Kampanye mereka  ditujukan untuk semua kalangan. Anak muda, ibu-ibu dan warga umumnya.  Di  Medsos juga mereka tidak kaku menyampaikan informasi kegiatan kampanye mereka,” tutup Ricky.(GG/SS)

 

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top