Connect with us

Begini Review Singkat Layanan Perizinan Online SIMPONIE

Info Tangsel

Begini Review Singkat Layanan Perizinan Online SIMPONIE

simponie_indexTANGSELOKE.com- Untuk mendorong semangat reformasi birokrasi, Pemerintah Kota Tangsel tidak mau setengah hati menerapkan kebijakannya. Hal ini dibuktikan dengan mengeluarkan jurus baru bernama SIMPONIE.

SIMPONIE adalah Sistem Informasi Manajemen Perijinan Online yang hari ini Jumat, (10/4) bakal diresmikan langsung oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany di Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T).

Masyarakat boleh bernafas lega dengan keberadaan aplikasi perizinan secara online ini. Waktu proses perijinan yang berbelit-belit bakal dipangkas dan dengan SIMPONIE proses pengurusan izin dipastikan dapat SELESAI dalam waktu SATU HARI saja.

Hingga pada akhirnya tagline BP2T yang berbunyi “Kepastian Izin dengan tidak mempermudah dan tidak mempersulit” layak mendapat apresiasi.

Berikut ini langkah-langkah yang sudah dihimpun Tangseloke.Com ketika mencicipi produk unggulan milik Kepala BP2T Tangsel, Dadang Sofyan.

 

1. Halaman index perizinantangsel.co.id

perizinan_online_01Kita akan disuguhkan tampilan halaman muka yang minimalis dengan banner grafis horizontal berwarna biru bergambar logo Pemkot Tangsel, dan di sebelah kanan foto Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany (kemana foto wakilnya ya?)

Entah disengaja atau tidak kami juga tidak mengetahui mengapa BP2T memilih domain www.perizinantangsel.co.id yang berakhiran co.id yang umumnya dikategorikan sebagai domain website perusahaan swasta. Alangkah baiknya bila tetap menggunakan domain resmi pemerintah yakni go.id misalnya simponie.tangerangselatankota.go.id

2. Daftar Baru

perizinan_online_02Berikutnya kita bisa memulai langkah pertama dengan mendaftar akun baru dengan cara mengklik Daftar/Login kemudian klik “Belum Punya Akun”

Sebaiknya mendaftar online melalui komputer atau laptop, karena website ini belum ramah ditampilkan pada layar smartphone, atau pun perangkat tablet.

3. Mengisi form Pendafataran Baru

perizinan_online_03Di halaman berlatar belakang hitam pekat ini kita diminta mengisi seluruh data dengan lengkap. Selanjutnya menekan Register, kemudian user name dan password bakal segera dikirim melalui email.

email_bp2t_tangselEmail feedback yang berisi username dan password dikirimkan sangat cepat, hanya saja email yang dipergunakan sebagai akun resmi tersebut menggunakan layanan gmail.com. Selayaknya seluruh akun email resmi pemerintah selalu menggunakan domain milik go.id agar keabsahan dan keamanan datanya lebih terjamin.

4. Login dan Memulai langkah perizinan

perizinan_online_03_aSelanjutnya kita bisa memulai login dengan username dan password yang telah diberikan. Berikutnya bisa memulai memilih jenis Perizinan dengan mengklik Perizinan. Setelah itu kita akan masuk ke halaman List Perizinan yg berisi dua pilihan jenis yakni Ijin Usaha Perdaganan (IUP) dan Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Kita bisa memilih salah satunya, di mana pada halaman tersebut terdapat deskripsi, dasar hukum dan persyaratan yang diperlukan untuk mendaftar secara online. Selanjutnya klik navigasi Daftar Sekarang

5. List Daftar

perizinan_online_04Di halaman ini kita diminta memilih salah satu “Jenis Permohonan” yang bisa dipilih yakni, Baru, Perpanjangan, dan Perubahan Izin. Selanjutnya memilih “Peruntukan” yang berisi pilihan, perorangan, CV, PT dan seterusnya.

6. Mengisi Form Empat Tahapan

perizinan_online_05Setelah proses pemilihan permohonan dan peruntukan selesai dan mengklik “lanjut” kita akan disambut halaman yang berisi empat tahapan proses input data, yakni Tahap satu yang berisi data pemohon, tahap dua yang berisi lokasi izin, tahap tiga data perusahaan dan yang terakhir tahap empat adalah proses upload berkas. Pada proses tahapan ini kita harus teliti benar karena begitu banyaknya form-form yang bakal kita isi, tetapi aplikasi SIMPONIE ini bakal mengingatkan kita bila ada form yang belum kita isi dengan sempurna.

7. Upload Dokumen

perizinan_online_06Selanjutnya setelah proses rangkain pengisian semua tiga tahapan selesai, berikutnya kita akan diminta mengunggah/upload berkas dokumen dalam format jpg, jpeg, png dan pdf.(wajib scan dokumen sebelumnya, dengan alat pemindai bernama scanner).

Sebanyak delapan item berkas yang harus diunggah yakni, surat pernyataan, fotocopy akte pendirian perusahaan, fotocopy npwp, surat keterangan domisili usaha, KTP direktur, Pas Photo direktur, fotocopy PBB dan yang terakhir surat kuasa dan KTP penerima kuasa (bila diwakilkan). Setelah semua dokumen selesai diupload dan kita klik finish maka selesai sudah rangkaian proses permohonan izin online tersebut.

8. Halaman Status Permohonan

perizinan_online_07Akhirnya kita dirujuk ke halaman informasi status permohonan. SIUP TDP yang telah disetujui (approved) pemohonannya oleh BP2T akan diberitahukan kepada pemohon lewat SMS Gateway.

Demikian review singkat seluruh tahapan proses aplikasi SIMPONIE yang Tangseloke.Com sajikan, semoga kedepannya seluruh SKPD di Kota Tangsel dapat memiliki sistem layanan online sesuai aturan yang berlaku, serta terintegrasi dengan baik, tangguh, aman dan cepat. (mdr/to)

Continue Reading
Advertisement
To Top