Connect with us

5 Aplikasi Android Pilihan Untuk Wartawan

Tekno

5 Aplikasi Android Pilihan Untuk Wartawan

Android-Market-Google-PlayTANGSELOKE.com- Di era digital ini, ponsel pintar menjadi sebuah perangkat yang sudah tak bisa dipisahkan dari gaya hidup. Tidak hanya sebagai alat untuk membuat panggilan atau mengirimkan pesan, ia juga menjadi alat utama orang-orang untuk mencatat banyak informasi penting.

Wartawan, termasuk kelompok profesi yang sudah tergantung pada ponsel, baik untuk menyimpan rekaman wawancara, foto, catatan atau hal lainnya. Berikut aplikasi yang dapat menunjang para wartawan dalam menyediakan berita yang tak ada habisnya.

1. Evernote

Evernote-for-android-screenshotEvernote sebenarnya adalah salah satu aplikasi mobile dengan fitur yang cukup lengkap. Penggunanya dapat menjadikannya sebagai buku catatan saat menulis informasi dalam berbagai bentuk. Tak hanya tulisan yang tertata rapi dalam bentuk barisan atau catatan kecil, penggunanya juga dapat membuat sketsa sebagai bahan untuk referensi ketika melihat sebuah gambar yang ingin diingat.

Evernote dapat dihubungkan dengan berbagai jenis perangkat selama perangkat tersebut telah terpasang aplikasi ini. Fitur berbagi juga tak lupa disediakan, dan bagi penggunanya yang menggunakan akun premium, fitur ini menyediakan fungsi yang lebih banyak, seperti memperbolehkan orang lain mengubah tulisan yang telah dibagikan.

2. Snapseed

snapseed_screenshotSetiap wartawan tentunya akan menyimpan foto-foto penting terkait liputan yang sedang didatanginya. Dia pun harus siap ketika ada undangan konferensi pers mendadak yang membuat dirinya terpaksa harus meluncur dari tempat tinggalnya ke tempat acara, tanpa melakukan persiapan yang matang yang biasanya dilakukan di kantor. Kamera ponsel menjadi tulang punggung wartawan ketika hal ini terjadi.

Namun, seringkali hasil jepretan tidak sesuai dengan yang diharapkan, seperti pencahayaan yang kurang baik. Snapseed menjadi salah satu aplikasi penolong saat sebuah foto memerlukan “perbaikan” di sana-sini. Berbagai efek foto pun juga disediakan, bahkan pilihannya lebih banyak daripada efek yang disediakan oleh smartphone pada umumnya.

3. Magisto

Magisto-Android-ScreenshotsBeberapa liputan seringkali tak bisa disampaikan secara maksimal melalui tulisan. Untuk itu, seringkali wartawan harus merangkum liputan tersebut dengan rekaman video. Namun, setelah direkam, ia tidak bisa begitu saja mengunggah ke internet karena harus diolah terlebih dahulu agar siapa pun yang melihatnya merasa lebih nyaman. Mengolah video tidak bisa dilakukan di mana saja dan membutuhkan waktu yang tidak sedikit.

Magisto adalah sebuah aplikasi mobile yang tepat untuk urusan ini. Aplikasi ini menyediakan berbagai efek video yang siap digunakan, sehingga video tersebut akan lebih menarik dan interaktif. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fasilitas cloud, sehingga penggunanya dapat menyimpan hasil video tersebut atau membagikannya kepada khalayak ramai.

4. Jota Text Editor

jota_text_editor_screenshotMencatat berbagai informasi penting pada saat konferensi pers, wartawan seringkali memerlukan format penulisan yang rapih dan terorganisir. Sayangnya, aplikasi pencatat standar tak akan menyediakan pilihan pengaturan selengkap Microsoft Office. Jota Text Editor bisa menjadi salah satu pilihan berkat dukungan jenis tulisan dalam berbagai format.

Selain itu, Jota juga mampu menghitung jumlah kata, mencari kata-kata tertentu melalui pilihan search, mengatur tampilan wallpaper, dan mengubah susunan menu ada toolbar. Selain ukurannya yang sangat kecil Jota Text Editor bisa digunakan mulai dari OS Android 1.6.

5. Google Keep

google_keep_screenshotSebagai penyedia sistem operasi mobile, Google juga tak lupa untuk menyediakan berbagai fasilitas penunjang kegiatan sehari-hari pada penggunanya. Fasilitas komputasi awan Google Drive menjadi salah satu ujung tombak para wartawan dalam mengakses atau menyimpan data terkait pekerjaannya.

Google Keep juga menjadi salah satu aplikasi penting untuk urusan menyimpan informasi, tak hanya dalam bentuk catatan yang bisa dipisahkan berdasarkan warna agar penggunanya mudah mengingat, aplikasi ini juga bisa menyimpan rekaman suara, kemudian nantinya dapat diputar kembali.

Segalanya semakin nyaman berkat fasilitas penyimpanan data awan, sehingga nantinya tulisan atau rekaman suara yang telah dibuat dapat diakses melalui perangkat lainnya.

(source: chipcoid)

Continue Reading
Advertisement
To Top