Connect with us

Ini Tips Memilih Produk KPR

Properti

Ini Tips Memilih Produk KPR

rumah_mewah_ilustrasiTANGSELOKE.com- Pembelian rumah lewat skema KPR (Kredit Pemilikan Rumah) memang masih menjadi pilihan utama konsumen. Hal ini membuat pihak perbankan berlomba-lomba menawarkan aneka produk KPR dengan beragam “kemudahan” dan hadiah. Tujuannya jelas: menarik minat konsumen.

Namun, jangan langsung memutuskan! Pilihlah produk KPR yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.

Untuk itu, ada baiknya Anda memerhatikan kiat-kiat berikut ini:

1. Pilihlah bank yang sehat dan memiliki kredibilitas dalam penyaluran kredit.

2. Bank tersebut harus memiliki hubungan kerja sama dengan developer yang bersangkutan (jika Anda membeli hunian di perumahan). Hal ini diperlukan untuk memudahkan administrasi dan kelancaran proses pencairan kredit. Tentunya, pihak developer yang bersangkutan pun telah menyeleksi bank-bank yang akan diajak kerja sama.

3. Pilihlah bank yang mematok suku bunga KPR yang paling wajar.

4. Di tengah kondisi suku bunga perbankan yang fluktuatif, sebaiknya memilih bank yang mematok bunga fixed (tetap) dalam kurun waktu tertentu. Misalnya bank X mematok suku bunga tetap 25% dalam kurun waktu setahun.

5. Dalam daftar harga/brosur, biasanya tercantum kalimat “suku bunga KPR dapat berubah sewaktu-waktu.” Karena itu, dalam menghitung cicilan kredit yang akan dibayarkan, sebaiknya konsumen memerkirakan bunga KPR yang berlaku plus 10% hingga 20% dari bunga tersebut.

Misalnya, bunga KPR 25% per tahun kita asumsikan menjadi 27,5% atau 30% per tahun. Dengan cara ini, konsumen dapat memerkirakan kemampuan maksimalnya dalam mencicil sehingga mempunyai dana reserve.

6. Penentuan jangka waktu kredit yang akan diambil terkait langsung dengan besar jumlah cicilan per bulan. Karena itu, sebaiknya konsumen mengonsultasikan terlebih dahulu dengan  pihak bank. Hal ini perlu dilakukan agar jumlah kredit dan jangka waktu yang akan diambil disesuaikan dengan kemampuan finansial konsumen. (Source: rumah.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top