Connect with us

Ini Tips Percantik Rumah Jelang Idul Fitri

Properti

Ini Tips Percantik Rumah Jelang Idul Fitri

interior_rumahTANGSELOKE.com- Mempercantik rumah menjelang Hari Raya Idul Fitri memang menjadi budaya sebagian orang. Pasalnya, Lebaran identik dengan silaturahmi—saling mengunjungi—sehingga wajar jika rumah harus apik dipandang mata.

Renovasi rumah sebaiknya difokuskan pada dua hal: atap yang bocor (waterproofing) dan pengecatan (eksterior dan interior). Untuk Anda, Edward Soeriadiredja, Marketing Manager FixPro Indonesia berbagi kiat.

Atap Bocor

Atap yang bocor terlebih dahulu harus dibersihkan, jangan sampai ada kotoran yang menempel, karena akan mengganggu proses waterproofing.

Perhatikan cuaca. Cuaca yang panas paling cocok untuk melakukan penambalan atap bocor. Namun, saat ini sudah ada teknologi waterproofing yang bisa diaplikasikan di permukaan basah.

Setelah proses waterproofing, tutup dengan plastik agar tidak terkena air. Biarkan setidaknya selama 24 jam.

Dinding dan Pengecatan

Perlu diperhatikan bahwa cat eksterior berbeda dengan interior. Untuk eksterior sebaiknya menggunakan cat weather shield yang tahan terhadap perubahan cuaca.

Periksa retakan di dinding yang membuat penampilan dinding menjadi jelek. Belah plesteran dinding dengan mesin pemotong selebar 5 cm. Tambal dengan adukan semen dan pasir.

Penggunaan mesin potong lebih baik ketimbang membuka plesteran tembok dengan pahat besi, karena hasil potongan dan tambalannya akan lebih bagus.

Untuk dinding lembap—biasa disebut ompol—perlu dicari penyebabnya. Setelah dibersihkan, dinding lembap bisa dilapis dengan cat alkali sebagai cat dasar. Baru kemudian dicat dengan cat tembok biasa dengan warna kesayangan Anda.

Pengecatan bisa dilakukan dengan kuas atau rol. Penggunaan rol lebih disukai karena mampu mempercepat pengecatan, sementara kuas digunakan untuk mengecat bagian yang sempit. Tetapi perlu diingat, memakai rol membuat penggunaan cat lebih boros.

Perlu diingat, Anda harus melindungi furnitur dan perabot rumah selama pengecatan agar tak terkena cipratan cat. Tutuplah dengan plastik atau koran.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah cat meninggalkan bau yang menyengat dan tak jarang membuat pening. Untuk itu, lakukan pengecatan setidaknya pada H-7 sebelum Lebaran, sehingga rumah sudah bebas bau cat.

Agar bau cat cepat hilang, jendela dan pintu di rumah harus dibuka, sehingga udara akan masuk dan mempercepat pengeringan.
Selamat menyambut Lebaran! (source via rumah.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top