Connect with us

30 Persen Jalan Di Kota Tangerang Rusak

BANTEN OKE

30 Persen Jalan Di Kota Tangerang Rusak

jalan_rusak_beratTANGSELOKE.com- Data dinas pekerjaan umum Kota Tangerang, mencatat sekitar 30 persen ruas jalan baik jalan nasional, provinsi maupun jalan kota di Kota Tangerang rusak dan berlubang.

“Kondisi jalan yang parah itu diimbau kepada pengguna jalan untuk berhati-hati agar tidak menimbulkan kecelakaan,” kata Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Ahad (9/2).

Ia mengatakan pascamusim hujan yang terjadi sejak Januari hingga saat ini, mengakibatkan bantalan jalan jadi rusak.

Rincian jalan yang rusak adalah jalan nasional sepanjang 16,2 kilometer dengan kerusakan 3,2 kilometer. Jalan Provinsi, dari sepanjang 27,4 kilometer, 5,5 kilometernya rusak dengan paling parah di Fly Over Jalan Sudirman Cikokol. Sedangkan untuk jalan kota sepanjang 1.300 kilometer, dengan kerusakan di beberapa titik.

Arief menambahkan, perbaikan kerusakan jalan di Kota Tangerang akan mulai dilaksanakan pada bulan ini (Februari red) setelah curah hujan tidak lagi tinggi seperti sebelumnya.

Oleh sebab itu, untuk mengantisipasi hal tersebut, Pemkot Tangerang memasang spanduk informasi mengenai kerusakan jalan agar pengendara dapat berhati-hati.

Selain itu, petugas Dishub pun diminta membantu proses lalu lintas di titik jalan yang rusak agar tidak terjadi kemacetan.

Kemudian, Pemkot Tangerang sudah mengirim surat kepada Pemprov Banten dan Kementerian PU agar perbaikan jalan rusak dapat dilakukan dalam waktu segera.

Bila nantinya perbaikan jalan tersebut tidak dilaksanakan setelah tiga kali kirim surat permohonan, maka Pemkot Tangerang akan mengambil alih untuk mengerjakannya. Sebab, kondisinya saat ini sangat rawan untuk pengendara.

“Kita sudah kirim surat pertama ke Provinsi dan Nasional. Bila nanti tidak juga diperbaiki, maka kita akan percepat. Sebab, kondisinya sudah sangat membahayakan,” ujarnya.

Anggota Satuan Lalu Lintas Polres Metro Tangerang Ripka Hizrah mengatakan terdapat kecelakaan di fly over Sudirman akibat kendaraan menghindari jalan rusak.

Penyebabnya adalah karena kendaraan mengurangi laju kecepatan saat di jalan rusak dan tiba – tiba dari belakang ada kendaraan dengan kecepatan tinggi. “Tidak ada korban jiwa. Namun penyebabnya adalah karena jalan rusak yang coba dihindari,” katanya. (rep/net)

Continue Reading
Advertisement
To Top