Connect with us

Komnas Ham Selidiki Penembakan Terduga Teroris

Serpong

Komnas Ham Selidiki Penembakan Terduga Teroris

terorisme_ilustrasi18.143.23.153- Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas Ham) segera berkoordonasi dengan pimpinan Polri guna mengumpulkan data terkait penggerebekan rumah dan penembakan 6 terduga teroris di wilayah Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel).

“Disini Komnas Ham tugasnya menilai setiap kejadian, apakah ada pelangaran Ham dari peristiwa kemarin. Karena Komnas Ham itu lembaga yang di berikan kewenangan atas suatu kejadian,” ujar Ketua Komnas Ham, Siti Noor Laila, Sabtu (4/1/2013).

Menurut Laila, untuk memulai penilaian, pihaknya tidak bisa mengacu pada statment saja. Melainkan juga harus mencari data di Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa dokumen-dokumen yang ada.

Menurut Laila, ada aturan Polri terkait Densus 88, yaitu Perraturan Kapolri nomor 23 tahun 2011, kemudian ada SOP tentang penggunaan senjata api. “Dari sanalah kita melihat Protap itu sudah dijalankan dilapangan atau tidak,” ujarnya.

Selain itu, Laila mengatakan Komnas Ham mendukung sepenuhnya pemberantasan terorisme di Indonesia. “Hari ini kami masih meninjau lokasi terjadinya baku tembak antara polisi dengan terduga teroris,” ujarnya.

Terkait komentar adanya pelanggaran Ham pada peristiwa penembakan enam terduga teroris di Kampung Sawah, Ciputat, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Komnas Ham menyatakan hal tersebut baru sebatas asumsi. (sumber: kabar6.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top