Connect with us

Delegasi Republik Mali Sambangi Kampus UIN Ciputat

Info Tangsel

Delegasi Republik Mali Sambangi Kampus UIN Ciputat

kampus_uin_ciputat18.143.23.153- Tiga delegasi dari Kementerian Pendidikan Republik Mali,belum lama ini berkunjung ke kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Ciputat. Ketiganya bermaksud ingin mempelajari sistem pendidikan Islam di Indonesia.

Para delegasi yang terdiri atas Presiden Asosiasi Madrasah Swasta Mali, Penasehat Bidang Sekolah Al-Quran Mali, dan Kepala Divisi Pendidikan Mali tersebut diterima Rektor UIN Prof Dr Komaruddin Hidayat di gedung rektorat lantai 2.

“Kehadiran kami di sini ingin mengetahui kemajuan sistem pendidikan Islam yang diterapkan di UIN, terutama mengenai pendidikan Al-Quran-nya,” ujar Presiden Asosiasi Madrasah Swasta Mali, Mr Abdul Aziz Yattabari yang sekaligus sebagai ketua rombongan.

Sementara Rektor UIN Prof Dr Komaruddin Hidayat dalam sambutannya menilai, kunjungan para pejabat kementerian pendidikan Mali tersebut sangat baik bagi peningkatan kerja sama bilateral antara RI dan Mali, khususnya dalam pengembangan sekolah dan pesantren.

“Kami sangat senang sekali mendapat kunjungan dari delagasi Mali, karena kami meyakini bahwa keberkahan datang bersama dengan datangnya tamu,” ujarnya.

Menurut Rektor, jika ingin mengetahui perkembangan pendidikan Islam di Indonesia, UIN merupakan tempat yang tepat. Namun jika ingin mengetahui metode hafalan Al-Quran, dapat belajar dari Institut Ilmu Al-Quran (IIQ).

Pada kesempatan yang sama,  Wakil Rektor Bidang Pengembangan Lembaga Dr Jamhari Makruf MA menjelaskan, UIN saat ini menyediakan beasiswa penuh bagi mahasiswa yang hafal Al-Quran 30 juz.

“Mahasiswa yang hafal Al-Quran akan mendapatkan beasiswa penuh di fakultas mana saja. Bahkan akan kita jadikan imam masjid,” katanya.

Selain mengunjungi UIN, Delegasi Mali juga mengunjungi Pesantren Daarun Najah Jakarta, kampus IIQ, UIN Sunan Gunung Jati Bandung, dan Masjid Kubah Mas Dian al-Mahri di Depok. (TP)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top