Connect with us

TPA Cipeucang Resmi Beroperasi

Info SKPD

TPA Cipeucang Resmi Beroperasi

Pemerintah Kota Tangerang Selatan melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) mulai mengoperasikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Cipeucang – Desa Keranggan Kecamatan Setu, Kamis, 21 Juni 2012.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Selatan – Dudung E Diredja, mengatakan, dioperasikannya TPA Cipeucang merupakan langkah awal dalam penanganan persoalan sampah di Kota Tangerang Selatan. Berdiri diatas lahan seluas 2,4 hektare, Pemerintah Daerah berencana akan kembali menambah luas lahan menjadi 10 hektare setelah memperoleh persetujuan dari lembaga legislatif.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian PU (Pekerjaan Umum) yang telah membantu menyelesaikan pembangunan TPA Cipeucang ini,” kata Sekda, disela-sela acara peresmian.

Terkait dengan pembebasan lahan milik warga sekitar untuk memperluas TPA Cipeucang, telah berlangsung dengan baik. Proses musyawarah antara kedua pihak pada tahun 2011 lalu telah diperoleh kata mufakat.

Masih menurut Sekda, Pemerintah juga telah melakukan sosialisasi kepada warga sekitar bahwa sistem pengelolaan sampah di TPA Cipeucang menggunakan teknologi tinggi yang ramah lingkungan. Dengan demikian warga tidak perlu khawatir akan terjadi pencemaran lingkungan karena telah melalui serangkaian analisa dampak lingkungan.

“Oleh karena itu, kami menitip pesan kepada warga sekitar untuk bisa menjaga keamanan aset daerah yang ada. Kami optimis dengan dioperasikannya TPA Cipeucang ini akan mampu mengurangi masalah sampah perkotaan yang ada di Tangerang Selatan,” jelasnya.

Di tempat sama, Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan – Bambang P Rachmadi, menjelaskan, pengoperasian TPA Cipeucang ini dapat menjawab kegamangan masyarakat terhadap masalah sampah perkotaan. Menurutnya, sampah tidak hanya membelit di Kota Tangerang Selatan saja, melainkan juga di kota-kota besar lainnya di Indonesia.

“Diharapkan masyarakat dapat memberikan dukungan penuh dari area 2,4 sampai 10 hektare. Dan kedepannya kami ingin luasnya bertambah lagi menjadi 20 hektare,” terang Bambang.

Pada peresmian TPA Cipeucang ini, turut dihadiri sejumlah pejabat eksekutif Kota Tangerang Selatan, diantaranya Kepala DKPP – Chaerul Soleh, Kepala Bappeda – Dendi Priyandana, Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air – Retno Prawati, dan pimpinan SKPD lainnya. Serta Wakil Ketua I DPRD – Ruhamaben dan sejumlah anggota Komisi IV Bidang Pembangunan.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top