Connect with us

Sumatera Barat Melihat Sekolah Sehat di Tangerang Selatan

Kesehatan

Sumatera Barat Melihat Sekolah Sehat di Tangerang Selatan

Serpong, Kota Tangerang Selatan – Pemerintah Provinsi Banten melakukan studi banding terkait pembinaan dan pengembangan Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) di tiga sekolah Kota Tangerang Selatan, Senin, 12 Maret 2012, yang telah berhasil menjuarai Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional. Kerjasama lintas sektoral antara Pemerintah Daerah dengan pihak swasta serta orangtua para peserta didik memiliki peranan penting dalam membiasakan prilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

“didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, sangat tepat dalam program UKS di tingkat nasional,” kata Tim Pembina (TP) UKS Provinsi Sumatera Barat, Syamsuir, didalam sambutannya di SDIT Aulady, jalan H.S Nawi, Ciater, Serpong, Kota Tangerang Selatan.

Pejabat Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Masyarakat daerah dengan Ibukota Padang ini menjelaskan, pihaknya datang bersama 47 orang rombongan dari 14 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat. Bahkan, diantara rombongan turut ikut Wakil Walikota Padangpanjang, Edwin dan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bukittinggi, Yuen Karnova. Bersama 15 Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, 13 Kepala Sekolah, empat diantaranya ikut lomba Sekolah Sehat pada Mei 2012 mendatang. Serta 12 guru serta staf medis dan non medis.

“Studi banding ini diikuti oleh sekolah-sekolah berprestasi. Sumatera Barat berada di tingkat 7 sejak tahun 2008 dan Banten ada di peringkat 5. Berdasarkan hasil evaluasi nasional yang diselenggarakan di Nusa Tenggara Barat tahun 2010,” kata Syamsuir.

Dia memaparkan, keempat sekolah tersebut antara lain SD III Alai, TK Pembina Parit Malintang di Kabupaten Padang Pariaman, MTs Palangki di Kabupaten Sijunjung dan SMA Pariangan di Kabupaten Tanah Datar. Berkat  keseriusan menghadapi Lomba Sekolah Sehat, Pemerintah Daerah setempat, lanjut Syamsuir, ingin mengetahui hal mendasar apa saja yang menjadi kunci keberhasilan sekolah-sekolah di Kota Tangerang Selatan sehingga mampu mewujudkan sekolah sehat.

“Ingin melihat lebih dekat. Agar bisa di contoh,” terang Syamsuir, seraya menambahkan kondisi sarana dan prasarana sekolah-sekolah di Sumatera Barat sama saja. Hanya saja, Kota Tangerang Selatan berbeda dalam hal penanganan dan pembinaan para TP UKS yang ada berjalan selaras.

Ditempat yang sama, perwakilan TP UKS Kota Tangerang Selatan – Iin Sofiawati menjelaskan, ada tiga lembaga pendidikan yang pada tahun 2011 lalu mampu meraih gelar juara di Sekolah Sehat Tingkat Nasional. Selain SDIT Aulady yang pernah meraih juara I, terdapat SMP Negeri 3 kelurahan Cempaka Putih – kecamatan Ciputat Timur juara ke VI dan SMA Negeri 2 di kecamatan Setu  juara I.

“Dalam menerapkan PHBS di sekolah, Pemerintah Daerah juga perlu mendapatkan dukungan dari pihak swasta dan orangtua murid,” terang Iin.

Sebelumnya, seluruh tamu rombongan berkeliling melihat sarana dan prasarana di SDIT Aulady. Turut hadir TP UKS Provinsi Banten. Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat memberikan oleh-oleh makanan khas di daerah itu, yakni Kripik Balado.

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top