Connect with us

Permintaan Aqiqah di Indonesia Meningkat, Aspaqin Banten Gelar Muswil

Info Tangsel

Permintaan Aqiqah di Indonesia Meningkat, Aspaqin Banten Gelar Muswil

Permintaan Aqiqah di Indonesia Meningkat, Aspaqin Banten Gelar Muswil

Sebanyak ratusan peserta yang mengatasnamakan Asosiasi Pengusaha Aqiqah Indonesia (Aspaqin) menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) Banten di Padepokan Geliat Masa Tua Ku pada Selasa (25/01/2022).

Hal ini didasari dengan tingginya permintaan kebutuhan Aqiqah yang semakin banyak di Indonesia dan meningkatnya angka kelahiran tiap tahunnya.

Kepala Bidang Data, Inovasi dan Teknologi Dinas Koperasi dan UKM, Yuliartono mengatakan dalam pembukaannya, selama angka kelahiran masih ada, maka pengusaha aqiqah masih dibutuhkan.

“Aqiqah merupakan ibadah yang selalu dilakukan pada saat kelahiran anak, sehingga jika ada warga Banten, khususnya di Tangerang Selatan (Tangsel) yang menggeluti usaha ini, dipastikan tidak ada kekurangan pasar,” ucapnya.

Sementara Presiden Aspaqin, Fahmi Thalib mengungkapkan, kebutuhan aqiqah di tingkat Nasional sangatlah banyak dan belum bisa terpenuhi oleh anggota Aspaqin.

“Kebutuhan kambing dan domba saat ini sulit di dapat dan harganya mulai mahal, dikarenakan mulai mendekati Idul Fitri dan Idul Adha,”kata Fahmi.

Di dalam Muswil Aspaqin Banten juga terpilih Gubernur Aspaqin Banten periode 2022 – 2024 atas nama Yadi Suherlan. Ia mengatakan kepada seluruh anggota Aspaqin Banten untuk selalu bersatu dan saling berkolaborasi di kawasan Banten ini.

“Aspaqin harus ada scale up bisnisnya, terutama manajemen bisnis dan keuangan,” jelas yadi.

Yadi berharap, adanya sinergitas antara pemerintah dengan para pelaku usaha aqiqah agar dapat meningkatkan usaha mereka dari UMKM menjadi lebih baik dan besar.

“Potensi usaha aqiqah di Banten tinggi, begitu pula dengan jumlah kelahiran anak dari keluarga muslim di Indonesia meningkat. Ibadah aqiqah yang sunnah muakkad tetap berlangsung dengan cara di servis secara penuh oleh lembaga aqiqah sehingga usaha ini tetap bisa bertahan meskipun di masa pandemi beberapa tahun terakhir ini,” Jelasnya.

Selain diselenggarakan Musyawarah Wilayah untuk memilih Gubernur Aspaqin Banten, acara ini juga menggelar mini workshop dengan pembicara Ahmad Gozali yang bertema “Membangun Cash flow dalam Bisnis Aqiqah Saat ini” serta dikemas dengan menampilkan Success Story dari Fahmi Thalib ‘Juragan Aqiqah’ dan Rian Kadarusman ‘Aqiqah 86’. (Red/*)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

To Top