Connect with us

Mahasiswa Prodi Teknik Elektro UNPAM Gelar PKM di Kelurahan Muncul

Info Tangsel

Mahasiswa Prodi Teknik Elektro UNPAM Gelar PKM di Kelurahan Muncul

Mahasiswa Program Studi (Prodi) Teknik Elektro Universitas Pamulang (UNPAM) melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) di Kampung Tani, Desa Sengkol, Kel. Muncul, Kec. Setu, Kota Tangerang Selatan, Sabtu (25/9/2021).

Ketua Panitia PKM Muhammad Nur Masigit menjelaskan, kegiatan ini adalah project PKM lanjutan dari yang pernah diadakan sebelumnya.

“PKM sebelumnya itu pemasangan penerangan lampu jalan, tugas kami sekarang hanya melanjutkan dan peremajaan alat-alatnya,” ungkapnya.

dalam kegiatan PKM ini pihaknya mensosialisasikan kemanan dan keselamatan listrik rumah kepada masyarakat yang bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya instalasi listrik yang benar.

“Kita mengantisipasi masyarakat agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan, seperti jangan sampai ada kabel yang terkelupas dirumah dan pastikan menggunakan material listrik yang berlabel Standar Nasional Idonesia (SNI) dan Standar PLN,” ujar Sigit.

Dalam sosialisasi itu juga dikatakan, hal-hal yang harus dihindari saat menggunakan peralatan listrik, seperti halnya jangan menyentuh peralatan listrik jika tangan dalam keadaan basah. Kemudian cara menjaga perlatan listrik supaya tidak cepat rusak.

“Agar peralatan listrik tidak cepat rusak, caranya jaga kebersihan peralatan listrik dirumah, membuat sirkulasi udara diruang penyimpanan dan hindari stop kontak yang tidak stabil,” jelas Sigit.

Sigit menjelaskan, selain itu, dalam kegiatan PKM ini pihaknya juga memperbaiki sistem kontrol atau panel lampu penerangan jalan yang rusak dan menjadi keluhan warga sekitar. Yang mana, kendali pada panel dibuat menggunakan dua sistem pengoperasian yaitu secara otomastis dan manual.

“Pengoperasian otomatis, kita menggunakan komponen Timer yang berfungsi untuk mengatur kapan waktunya menyalah dan mati. Sedangkan manual, kita menggunakan MCB  untuk memutus dan menghubungkan aliran listrinya ketika Timer mengalami kendala atau rusak. Selain itu, kita juga menambahkan lampu indikator hijau dan merah sebagai indikasi panel sedang berfungai atau tidak,” terangnya.

Ditempat yang sama, Ketua Pembimbing PKM, Ojak Abdul Rozak, ST., MT mengatakan, kegiatan PKM ini merupakan wujud dari kewajiban dosen maupun mahasiswa menjalankan kewajiban salah-satu poin Tri Darma, yaitu menginplementasikan ilmu pengetahuan mahasiswa yang didapat selama dalam belajar di Perguruan Tinggi.

“Disini, mahasiswa menerapkan hasil belajarnya selama ini kepada masyarakat. Jangan sampai mahasiswa hanya mengambil ilmu tetapi tidak bermanfaat untuk masyarakat. Karena ilmu kalau tidak bermanfaat tidak ada gunanya,” jelasnya saat diminta keterangan.

Ojak menjelaskan, pihaknya memilih lokasi PKM di Kampung Tani Desa Sengkol, karena adanya keluhan dari masyarakat setempat terkait rusaknya panel lampu penerangan jalan dan minimnya pengetahuan masyarakat terhadap kelistrikan.

“Oleh karena itu, kami memutuskan kegiatan PKM disini. Mudah-mudahan kegiatan ini dapat diterima dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” harapnya.

Kapanpun kami dibutuhkan oleh masyarakat, insha Allah kami siap membantu semaksimal mungkin,” tandasnya.

Disisi lain, Ketua RT Jamal mengucapkan rasa terimakasihnya atas kegiatan PKM tersebut. Menurutnya, dengan adanya PKM ini, warga RT 06/02 mendapatkan ilmu dan manfaat dalam hal penerangan lampu jalan.

“Terimakasih atas sosialisasi dan bantuannya ini, berkat adanya perbaikan dan sistem otomatis penerangan lampu jalan ini, memudahkan kami saat keluar malam dan juga mempermudah kami saat menghidupkan dan mematikan lampu,” ucapnya.

Mudah-mudahan kebaikan dosen dan mahasiswa UNPAM yang ada disini dibalas oleh Allah SWT,” tutupnya. (Eno).

To Top