Connect with us

Karang Taruna Bangga, Warga Setu Bersukacita!

Opini

Karang Taruna Bangga, Warga Setu Bersukacita!

(Oleh: Abdul Barri Assyarif
Ketua Karang Taruna Kelurahan Muncul)

Pelantikan Ketua DPRD Kota Tangerang Selatan (Tangsel) baru saja dilakukan kemarin, Jumat (27/09). Semua bersukacita, bangga. Rasa bangga yang barangkali juga penuh harap. Harapan atas kepemimpinan legislator Kota Tangsel yang baru.

Menyaksikan prosesi pelantikan yang penuh khidmat, membuat rasa bangga itu kian bergelora. Khususnya bagi warga Karang Taruna Kota Tangsel dan secara khusus lagi bagi warga Kecamatan Setu. Bagaimana tidak, Ketua Karang Taruna Tangsel Abdul Rasyid yang juga warga Kecamatan Setu secara definitif mendapat amanat kehormatan menjadi Ketua DPRD Kota Tangsel.

Bangga merupakan sifat alamiah. Perasaan itu kerap muncul tanpa disadari. Bahkan, dalam psikologi bangga itu dianggap suatu energi positif.

Sosok Abdul Rasyid bagi keluarga besar Karang Taruna Kota Tangsel dan warga Setu kebanyakan, identik dengan sikap mengayomi. Pengayom bagi siapa saja yang mau secara bersama menarasikan kemajuan berkelanjutan berbasis pengembangan sosial kemasyarakatan.

Sehingga, beliau diyakini mampu secara akomodatif menjalankan tugas sebagai Ketua DPRD. Kepemimpinan yang mampu menjembatani berbagai hal lintas fraksi, atau perangkat DPRD lainnya.

Sosok Abdul Rasyid yang sederhana, juga makin meneguhkan gaya kepemimpinan politiknya yang inklusif. Tak ayal, ia mampu menyerap dan mengejawantahkan beragam aspirasi-aspirasi elemen masyarakat. Dari mulai kelompok ibu rumah tangga yang penuh semangat menggagas bank sampah, hingga sederet program kemasyarakatan lainnya yang rasanya cukup banyak untuk diuraikan lewat tulisan terbatas ini.

Di samping itu, dalam konteks kepemimpinan soal keberpihakan bagi kepemudaan, lelaki yang karib disapa Haji Rasyid itu mengingatkan saya pada apa yang dinyatakan Nurcholish Madjid soal partisipasi pemuda. Cak Nur menyatakan bahwa dalam partisipasi terdapat dorongan emosional atau motivasi yang inheren pada pihak pelaku partisipasi sendiri yaitu rakyat, atau lebih khusus lagi pemuda. Karena itu partisipasi dilakukan dengan kesungguhan hati dan antusiasme, yang menjadi sumber tenaga, dan yang pada gilirannya nanti, hal itu berkaitan erat dengan produktivitas.

Atas dilantiknya Haji Rasyid sebagai Ketua DPRD Kota Tangsel, dengan jujur saya katakan bahwa Karang Taruna bangga dan warga Kecamatan Setu bersukacita. ***

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top