Connect with us

Ini Rute Arus Lalu Lintas Pawai Taaruf MTQ ke IX

Info Tangsel

Ini Rute Arus Lalu Lintas Pawai Taaruf MTQ ke IX

Dinas Perhubungan Kota Tangsel memastikan perjalanan pawai taaruf MTQ ke IX Senin 17 September 2018 arus lalu lintas dapat dikendalikan meski diikuti 11 ribu orang. Rekayasa lalu lintas memakan waktu sekitar dua jam akan kembali normal.

Kabid, Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Tangsel, Ika menjelaskan, pawai taaruf mulai start pukul 07.45 sampai pukul 10.00 WIB berkumpul di Villa Dago Pamulang dua kilometer dari panggung kehormatan depan ruko Vila Pamulang persisnya sebrang utara Kecamatan Pamulang. Selepas itu jalanan akan kembali lengang dan pengendara akan lebih leluasa berkendara.

Pukul 06.30 persiapan peserta pawai mulai berkumpul, baik dari organisasi perangkat derah, perwakilan kecamatan, berbagai instansi pendidikan, organisasi kemasyarakatan, organisasi pengajian bulanan ibu-ibu organisasi wanita dan berbagai lembaga lain meramaikan gelaran pawai taaruf. Peserta mengekor ke dalam perumahan Vila Dago, sedangkan bagian depan berlokasi di pinggir gerbang depan Jalan Siliwangi.

“Kami menyiapkan sekitar seratus personel untuk berjaga-jaga di sepanjang jalan Siliwangi dan titik-titik yang berpotensi terjadi kepadatan. Dari observasi lapangan beberapa hari ini kami menemukan kepastikan tidak akan ada kepadatan terlalu tajam, meski ada kepadatan namun kendaraan akan tetap bergerak,” kata Ika.

Ada titik-titik yang ditengarai bakal jadi problem pertama bundaran Pamulang depan Unpam. Kedua penyempitan jalan di pintu air Situ Jutuh Muara. Bundaran Pamulang ini menjadi titik sentra utama, aksesnya banyak arah baik yang mau kearah Vila Pamulang, Ciputat dan Jakarta Jalan Pajajaran, atau yang mengarah ke Pondok Cabe Jalan Dr Setia Budi dan Bojongsari Depok melalui akses semua melintasi bundaran.

“Pasti dapat terurai petugas siap mengatur lalu lintas baik yang mengarah ke Setu dan Pamulang dua meski di Pintu Air ada penyempitan petugas mengalihkan jalur ke arah kiri, Perumahan Witana Harja sampai ke Vila Pamulang parakan,” tambah ia.

Demikian juga di jalan DR Setia Budi, mengarah ke perempatan Gaplek, dipastikan tidak ada antrian panjang, meski di sepanjang jalan ini ada dua jemebatan yang tengah dibongkar dan peninggian badan jalan. Jarak lokasi dengan bunderan terpaut jauh sehingga ekor antrian tidak akan sampai ke bundaran Pamulang. sebelum tiba dipenyempitan jalan, pengendara sudah berbelok lebih dahulu diarahkan petugas di lapangan.

“Secara otomatis, pengendara dari arah Pamulang dua menuju Ciputat akan lancar meski pada sisi sebelah utara sepanjang jalan dipenuhi peserta pawai taaruf. Jalan Siliwangi terbilang cukup lebar jika dibagi menjadi dua jalur sisi sebelah selatan masih bisa dilalui pengendara,” imbuhnya.

Pagi peserta pawai taaruf, bisa memarkir di Vila Dago dan ruko-ruko di belakang pangung kehormatan. Biasanya peserta pawai, tidak membawa kendaraan sendiri, mereka didrop oleh para supir, setelah pawai selesai akan dijemput kembali. Alur ini lebih menekan kepadatan arus lalu lintas di lokasi.

Sementara, Kasat Lantas Polres Tangsel, AKP Lalu Hedwin pun, sudah mengkaji pengalihan lalu lintas agar tidak terjadi kepadatan lalu lintas.

“Dari arah Puspemkot Tangsel di pertigaan SPBU Parakan di alihkan ke kanan arah Serpong atau Cisauk. Kemudian dari Jalan Ciater yang akan menuju Puspem dialihkan ke lurus menuju Ciputat atau memutar balik,” jelasnya.

Para personil juga akan disebar disejumlah titik mulai dari SPBU Parakan, depan perumahan Villa Dago, Bunderan Unpam dan Bundera Maruga.

“Ada sekitar 10 personil yang akan berada di masing-masing titik,” ucapnya.

Ditambah para personil dari Dishub Tangsel yang akan turut mengamankan jalannya pawai MTQ Ta’aruf ke IX. (rls/hms/Dh).

Continue Reading
Advertisement
Advertisement

Info SKPD

To Top