Connect with us

Pilot Project Aplikasi SIAP BMD Kemendagri Dimulai Dari Tangsel

Advertorial

Pilot Project Aplikasi SIAP BMD Kemendagri Dimulai Dari Tangsel

Direktorat Jendral Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri bersama BPKAD meluncurkan Aplikasi Sistem Informasi Aplikasi Penatausahaan Barang Milik Daerah (SIAP BMD) dan Surat Perintah Pencairan dana Online (SP2D). Peluncuran aplikasi dilakukan di Kota Tangerang Selatan sebagai Pilot project bagi seluruh Kabupaten/Kota.

Dalam peluncuran di Lantai 4 Gedung Balaikota Tangsel, Jl Maruga No. 1, Ciputat, Selasa (21/11/17), tersebut dihadiri Direktur Pelaksanaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah Ditjen Bina Keuangan Daerah Kemendagri, Syarifuddin.

Pihaknya terlebih dahulu memberikan apresiasi terhadap Kota Tangerang Selatan yang mempunyai kemauan untuk merealisasikan aplikasi SIAP BMD tersebut.

“Kita memilih Kota Tangsel sebagai pilot project, karena kami tahu persis kalau Ibu Walikota Tangsel merupakan satu-satunya Kepala Daerah yang mempunyai komitmen sangat kuat. Semoga dapat mempermudah dan memperlancar,” ujar Syarifuddin saat meluncurkan aplikasi.

Walikota Airin Rachmi Diany mengucapkan terimah kasih atas kepercayaan diberikan kemendagri terhadap kedua aplikasi tersebut dan menjadikan Kota Tangsel sebagai pilot project dari bagian 6 Kabupaten/Kota lainnya secara gratis dari Kementerian Dalam Negeri.

“Mulai dari hari ini dapat mempermudah dan membantu pekerjaan para OPD kami, sehingga pekerjaan tidak lagi menumpuk diakhir tahun dan ini sangat membantu kami, tidak perlu pusing lagi jika diakhir tahun dan terimah kasih juga bank BJB yang telah bekerja sama dengan kami,” kata Airin.

Kepala Kantor Cabang Bank BJB Edy Kurniawan Saputra mengucapkan terima kasih kepada BPKAD yang telah memberikan kesempatan kepada bank BJB sehingga dapat berkolaborasi dan bekerja sama.

“Mudah mudahan aplikasi ini bisa mempermudah, membantu dan memperlancar kita dalam penarikan dana yang selama ini dilakukan secara manual. Kedepan bukan hanya kerjasama, namun hubungan silaturahmi juga kita bangun,” terangnya pada acara yang juga dihadiri Ketua DPRD Tangsel Ramlie dan para pejabat OPD ini.

Kepala BPKAD Tangsel, Warman Syanudin memeaparkan, aplikasi Siap BMD merupakan sistem aplikasi yang memfasilitasi pengelolaan barang milik daerah, mulai dari perencanaan kebutuhan barang, penatausahaan barang hingga pelaporan barang milik daerah yang berbasis pada teknologi clod computing. Siap BMD mampu memfasilitasi proses kerja dan pengolaan data barang daerah secara nasional dipergunakan oleh seluruh pemerintah daerah dengan peran pengguna sistem dan hingga tingkat SKPD dan unit pelayanan teknis dinas daerah (UPTDD).

Ia menambahkan, Keikutsertaan pemerintah dalam menggunakan Siap BMD sebagai fasilitas pengelolaan barang milik daerah merupakan kontribusi bagi terbentuknya proses kerja dan informasi data barang milik daerah yang terintegrasi secara nasional sehingga penyajian data statistik barang milik daerah secara nasional dapat diwujudkan. “Aplikasi ini dapat diakses dari setiap tempat, waktu dan oleh setiap pihak yang berkepentingan melalui internet,” jelas Warman. (Adv)

Continue Reading
Advertisement
To Top