Connect with us

Diskusi Saresehan PIM, Airin: Generasi Milenial Pelopor Ekonomi Kerakyatan

INDONESIA OKE

Diskusi Saresehan PIM, Airin: Generasi Milenial Pelopor Ekonomi Kerakyatan

Generasi Milenial adalah definisi demografi untuk mereka yang lahir pada tahun 1980-2000an. Para ahli menganggap generasi ini berbeda dari sisi keyakinan religi, politik, interaksinya dengan teknologi, komunikasi, ekspresi dan lain sebagainya dari generasi-generasi SBX sebelumnya.

Walikota Tangerang Selatan, Airin Rahmy Diany, Anggota Dewan PIM, Arief Rosyid Hasan, Eks Ketum PMKRI, Restu Hapsari, Eks Ketum PP Hikmabudi, Adi Kurniawan dan Ketua BEM UI, Syaeful Mujab menjadi pembicara dalam sarasehan yang berlangsung di Dewan Nasional Pergerakan Indonesia Maju (PIM), Jalan Brawijaya, Kebayoran Baru, Jakarta, Kamis (26/10/17) lalu.

Sarasehan ini mengusung tema “Generasi Milenial menjawab Tantangan bangsa.” Membahas mengenai Pancasila dan Generasi Milenial. Dimana dalam kaitannya Pancasila dengan pergaulan global tidak dapat dipisahkan dengan generasi milenial. Oleh sebab itu menjadi syarat mutlak agar Pancasila dapat bersemayam di dalam jiwa para generasi milenial diperlukan model komunikasi dan pendekatan yang lebih konstruktif, dialogis serta kekinian sesuai perkembangan jaman.

 

Dalam paparannya, Walikota Tangerang Selatan, Airin Rahmy Diany, mengatakan generasi milenial dapat menjadi pelopor revolusi pancasila melalui beberapa cara, diantaranya : membentuk kegiatan yang bertujuan menyemai nilai-nilai Pancasila, Melalui profesi kewirausahaan generasi Milenial dapat menjadi pelopor bagi terciptanya ekonomi kerakyatan yang berkemakmuran dan berkeadilan, menjadi pengguna medsos yang cerdas dan inspiratif, mengubah gaya hidup yang konsumtif dan hedonis menjadi sederhana dan bersahaja, Mengubah pandangan generasi Milenial yang Apatis terhadap politik menjadi lebih perduli dan membangun kesadaran kolektif bahwa politik merupakan jalan strategis untuk menciptakan kemanusiaan yang adil dan beradab dan yang terakhir menjadi penggerak di sekolah/universitas masing-masing untuk membentuk habitus Pancasila.

“Pemerintah kota berperan mendorong,memfasilitasi dan melatih para generasi muda agar mempunyai keahlian sehingga bisa berdaya saing di lingkungan kerja,” ujar Airin.

Lebih lanjut, Airin menuturkan telah menjalin kemitraan dengan Universitas di Tangerang Selatan, salah satu contohnya dengan UIN Syarif Hidayatullah, Pemerintah kota berkerjasama untuk Pelatihan komputer dan bahasa kepada para generasi muda.

“Inovasi menjadi hal yang wajib dikedepankan dalam mendorong kemajuan para pemuda. Diantaranya inovasi teknologi informasi yang dipunyai oleh Pemerintah Kota Tangsel seperti program Smart City, e-PBB, Siaran Tangsel merupakan produk anak negeri yang berdomisili di Tangerang selatan,” ungkap Airin.

Berkesempatan membuka sarasehan Bapak Din Syamsudin yang juga baru ditunjuk oleh Presiden Jokowi sebagai utusan khusus Presiden untuk dialog dan kerjasama antar agama dan peradaban. Bertugas sebagai Moderator acara Yassrini Syarifah dari MNC TV. Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab oleh para peserta sarasehan. (rls humas)

To Top