Connect with us

Ketum DPP Pemuda Tani Indonesia: Pemuda Tani Banten Harus Mampu Sejahterakan Petani!

BANTEN OKE

Ketum DPP Pemuda Tani Indonesia: Pemuda Tani Banten Harus Mampu Sejahterakan Petani!

Pemuda Tani Indonesia melakukan sosialisasi tentang sektor pertanian dan pelantikan DPD Pemuda Tani Provinsi Banten periode 2016-2021. Acara tersebut digelar di Waringinkurung, Kabupaten Serang. Untuk mewujudkan kedaulatan pangan para petani, pengurus Pemuda Tani Banten dituntut komitmennya untuk meningkatkan kesejahteraan petani di daerah tersebut.

Ketua Umum DPP Pemuda Tani Indonesia Farry Prancis disela pelantikan DPD Pemuda Tani Provinsi Banten periode 2016-2021 mengatakan, dengan kepengurusan perdana ini beragam program kepemerintahan diharapkan berkaitan dengan berbagai persoalan sektor pertanian.

“Pengurus Pemuda Tani Banten harus segera melakukan konsolidasi dan menyusun program kerja yang baik dan aplikatif. Sehingga mampu mendukung peningkatan kesejahteraan para petani dan perwujudan kedaulatan pangan, terangnya, Selasa (29/11/2016).

Dirinya menambahkan, ada empat isu yang harus diemban. Salah satunya, pemuda tani harus memiliki satu produk unggulan setiap tahunnya. Lalu, mampu membangun kemitraan dengan multi stakeholder.

”Dan terakhir, Pemuda Tani harus memiliki pusat-pusat pelatihan tani sehingga terus belajar dan berinovasi,” tambahnya.
Dengan berdaulat pangan, lanjut Farry, pihaknya akan berkontribusi pada terwujudnya kedaulatan pangan bangsa. Saat ini Indonesia belum sepenuhnya berdaulat di bidang pangan. Misalnya, kedelai masih bergantung pada negara lain karena produksi nasional belum dapat mencukupi kebutuhan masyarakat.

“Bahkan gandum yang merupakan produk pertanian negara lain masih banyak dikonsumsi Indonesia. Untuk itu, semua pihak harus terus meningkatkan produksi pertanian terutama padi, jagung, dan kedelai,” imbuhnya.

Ketua DPD Pemuda Tani Provinsi Banten Ade Awaludin menjelaskan, kepengurusannya harus berasal dari generasi muda agar minat bekerja sebagai petani tetap bersemangat, karena bangsa ini butuh petani-petani muda yang punya semangat kerja keras tanpa menyerah, mempunyai manajemen baik, dan menguasai teknologi. Apalagi perang saat ini bukan perang senjata melainkan perang untuk menguasai pangan.

Selain melantik kepengurusan, acara ini juga diisi dengan meresmikan pusat pelatihan pemuda tani di Serang. Pelantikan kemarin juga dihadiri oleh Ketua Dewan Penasehat DPD Pemuda Tani Banten Anda. Lalu, Perwakilan Kadistanak Provinsi Banten, KNPI Provinsi Banten dan ratusan masyarakat tani Waringinkurung.

Continue Reading
You may also like...
To Top