Connect with us

Airin: Guru Harus Mampu Bersaing dan Meningkatkan Kualitas

Info Tangsel

Airin: Guru Harus Mampu Bersaing dan Meningkatkan Kualitas

airin_seminar_guruTANGSELOKE.com- Peranan profesi guru memiliki andil dan peranan strategis dalam memajukan sebuah bangsa dan daerah. Seluruh guru di Kota Tangerang Selatan harus mampu bersaing dan meningkatkan kualitas serta kompetensinya di tengah semakin ketatnya persaingan global.

Demikian disampaikan Walikota Airin Rachmi Diany, saat membuka acara Seminar Profesionalitas Guru Masa Depan, Kamis 4 April 2013 di Graha Widya Bakti, Puspiptek, Setu.“Untuk itu, guru harus memiliki inovasi dalam mendidik dan mencerdaskan siswa-siswinya. Guru juga diharapkan memiliki tugas kemasyarakatan dan menjadi suri tauladan bagi anak didiknya,” jelas Walikota Airin.

Di hadapan sekitar 900 guru se-Kota Tangerang Selatan, Walikota Airin, menyampaikan pesan, dalam mengemban tugas hendaknya rasa tulus ikhlas para pahlawan tanpa tanda jasa. Sebab, menjadi guru merupakan profesi yang sangat mulia dan jasa-jasanya sulit untuk dilupakan setiap warga negara. Termasuk bagi masyarakat di daerah pemekaran dari Kabupaten Tangerang ini yang menyandang motto sebagai kota cerdas, modern dan religius.

“Guru memiliki peran penting untuk menjadikan anak didiknya menjadi pintar. Saya berharap agar para guru mampu menghasilkan pemahaman, meningkatkan mutu, kualitas dan profesionalitas sebagai tenaga pendidik,” harapnya.

Walikota menambahkan, Pemerintah Kota Tangerang Selatan memiliki komitmen kuat untuk terus memajukan dunia pendidikan menjadi lebih berkualitas dan mumpuni. Kebijakan ini dapat dilihat dengan memberikan dukungan penuh bagi dunia pendidikan. Bukan saja alokasi dana yang digelontorkan dari APBD hingga mencapai 20 persen lebih. Tapi juga dukungan lain dalam bentuk dukungan organisasi guru, memberikan pelatihan dan pendidikan kepada guru, dan studi banding

“Dukungan Pemerintah Daerah bukan saja pada pembangunan fisik, seperti pembangunan ruang kelas. Tapi juga pembangunan non fisik yang terkait dengan moralitas anak didik,” tambah Walikota Airin.

Sementara itu di tempat sama, Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan – Mathoda, mengutarakan, seminar pendidikan ini bertujuan untuk mengembangkan kompetensi guru. Sehingga mampu menghasilkan guru yang profesional untuk meningkatkan mutu dan kualitas tenaga pendidik.

“Saya berharap para guru bisa menimba ilmu dan bertanya banyak kepada Prof Suyatno yang sudah berpengalaman menjadi tenaga pendidikan,” terang Mathoda.

Hadir dalam seminar tersebut, Guru Besar Universitas Negeri Yogyakarta Prof Suyatno, Ketua Dewan Pendidikan Kota Tangerang Selatan Supriano, perwakilan Kementerian Agama, Ketua Karang Taruna Abdul Rosyid dan sejumlah penggiat dunia pendidikan. Seminar ini diiukuti sekitar 900 guru se-Kota Tangerang Selatan yang terdiri dari kepala sekolah SD, Madrasah ibtidaiyah, SMP, MTs, SMA, Aliyah. (Sumber:BPTI/Foto: KFZ)

Continue Reading
Advertisement
To Top