Info Tangsel

Soasialisasi Bahaya Narkoba, BNN Blusukan Ke SDN Ciputat 2

Published on

18.143.23.153- Ratusan siswa siswi SD Negeri Ciputat 2 Kota Tangerang Selatan(Tangsel), mendapatkan penyuluhan pencegahan bahaya Narkoba oleh Badan Narkotika Nasional(BNN) Kota Tangsel.

Penyuluhan ini dikemas dalam sosialisasi anti narkoba yang dilakukan BNN Kota Tangsel bersama SDN Ciputat 2 dan LSM Azno, di halaman SDN Ciputat 2, Selasa(9/6/15) dengan tema ”Membangun Generasi Muda Tanpa Narkoba Karna Narkoba Pembunuh Generasi”.

“Permasalahan narkoba sekarang ini sudah merambah ke berbagai usia,dari usia dini hingga kalangan dewasa, untuk itu,anak-anak sekarang perlu dibekali dengan pengetahuan dan informasi mengenai bahaya penyalahgunaan narkoba dan dampak buruknya dari mengkomsumsi narkoba” kata Sony Gunawan, Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Tangsel ditemui wartawan saat acara usai.

Menurutnya, Narkoba merupakan kejahatan yang terorganisir serta memiliki struktur organisasi. Bahaya peredaran narkoba tidak mengenal usia dan kasta. Orang tua,remaja bahkan sampai anak anak mulai dari SD,SMP dan SMA menjadi sasaran empuk para sindikat.

“Narkotika jenis ganja paling banyak dikonsumsi oleh anak SD, biasanya mereka mengkonsumsi ganja itu berawal dari kebiasaan merokok. Untuk itu kita berharap dengan sosialisasi ini anak-anak sejak usia dini memiliki pengetahuan yang benar tentang bahaya penyelahgunaan narkoba, sehingga sebagai penerus generasi bangsa mereka menjadi lebih imun untuk dapat menolak narkoba sejak dini.” Jelasnya.

Setidaknya ada 3 macam jenis Narkoba yang diperkenalkan BNN Tangsel kepada siswa siswi SDN Ciputat 2 dalam sosialisasi bahaya narkoba ini. Yakni, jenis Stimulan (ekstasi dan shabu-shabu), jenis Narkoba ini dapat merangsang sistem syaraf pusat ,halusinogen(ganja dan heroin)jenis ini dapat mempengaruhi sistem syaraf yang membuat pemakainya berhalusinasi dan jenis Depresan(alkohol,opiat,kanabis) jenis Narkoba ini dapat menghambat dan memperlambat kerja sistem syaraf pusat.

“Apapun jenisnya bahaya narkoba bakal sangat fatal bagi kehidupan sesorang,Narkoba dapat menyerang syaraf,kalau syaraf sudah lemah akan sangat bahaya. Daya pikir lemah,tidak fokus kepada pelajaran,tingkah laku jadi aneh dan akan menghilangkan kompetensi yang dimiliki.” Jelas Sony, saat memberikan penyuluhan kepada seluruh siswa dan orangtua murid yang hadir.

Kepala KesbangPolinmas Kota Tangsel H.Salman faris, yang turut hadir mengucapkan terimakasih atas peran BNN Tangsel dalam memberantas dan memberikan penyuluhan keseluruh lapisan masyarakat tentang peredaran dan bahaya penyalahgunaan narkoba. Salman juga mengajak kepada semua lapisan masyarakat untuk mencegah maraknya peredaran narkoba dilingkungan masing masing.

“kejahatan narkoba di Tangsel sudah sangat mengkhawatirkan. Bahaya mengkomsumsi narkoba akan berdampak pada kejahatan lainnya,seperti perampokan,begal atau tindak kekerasan lainya yang diakibatkan dari efek penggunaan narkoba secara ilegal. Dan ini akan menggangu,keamanan dan ketertiban umum dalam lingkungan masyarakat.” Ujarnya.

Hal senada juga dikatakan Kepala UPT pendidikan Ciputat, H.Supandi, dirinya mengucapkan terimakasih kepada BNN Tangsel yang telah melakukan penyuluhan bahaya narkoba di SDN Ciputat 2 ini. beliau mengaku untuk selalu mendukung kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah yang dilakukan oleh BNN Tangsel ini.

Ditemui diruang kerjanya,kepala sekolah SDN Ciputat 2 Tatang Gunawan, mengatakan,adanya kegiatan sosialisasi ini didasari atas ide pihak sekolah bersama LSM Azno, agar pihak sekolah bisa mengenalkan bahaya narkoba bagi siswa-siswi nya,sehingga anak anak bisa terhindar dari pengaruh narkoba.

“sudah saatnya pihak sekolah bertindak tegas dalam upaya memberantas Narkoba, sehingga anak-anak dapat terhindar dari pengaruh narkoba.” Tegas Tatang. (tr/to)

Exit mobile version