Connect with us

Ini Harapan KPU Terhadap Pemilih Pemula Di Tangsel

COBLOS

Ini Harapan KPU Terhadap Pemilih Pemula Di Tangsel

pemilih_pemulaTANGSELOKE.com- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tangsel akan melakukan pemutakhiran data pemilih pemula untuk pilkada. Alasannya agar partisipasi mereka tetap tinggi seperti pada Pilpres dan Pileg 2014.

Demikian pendapat anggota KPU Tangsel, Mudjahid Zein, (17/3). “Bersadasarkan data Pilpres 2014 lalu, partisipasi pemilih pemula mencapai 30 persen dari jumlah pemilih di Tangsel. KPU berharap partisipasi itu tetap bertahan atau bertambah pada pilkada nanti,” katanya. (Baca Juga: Ini Jumlah DPT Pilpres 2014 Kota Tangsel)

Dia mengaku, saat ini KPU masih terus melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil). Tujuannya agar data-data pemilih pemula itu terus diperbarui.

“Meskipun saat ini tahapan validasi data belum dimulai, namun kami terus melakukan koordinasi dengan Disdukcapil. Sebab data-data pemilih pemula ini masih bisa bertambah,” katanya.

Pengamat Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta M Zaki Mubarak, mengatakan KPU jangan hanya mendata pemilih pemula, akan tetapi harus menggencarkan sosialisasi untuk meningkatkan partisipasi pemilih pemula.

“Kalau di pilpres kemarin tingkat partisipasi pemilih pemula tinggi sangat wajar, karena hajat nasional. Tapi kali ini hanya hajat lokal. Jadi butuh sosialisasi optimal untuk meningkatkan kembali partisipasi pemilih pemula,” tuturnya.

Menurut Zaki melakukan sosialisasi pemilih pemula harus dibedakan dengan masyarakat umum. “Segmen pemilih pemula itu pendekatannya harus berbeda. Modal sosialisasinya harus inovatif. Jadi percuma saja pemilih pemula didata kalau perhelatan pemilunya juga tidak tersosialisasi dengan baik,” ujarnya. (tp/bud)

[socialpoll id=”2195321″]

Continue Reading
Advertisement
To Top