Connect with us

Dishubkominfo Tangsel Bakal Bangun Tujuh ZoSS

Info SKPD

Dishubkominfo Tangsel Bakal Bangun Tujuh ZoSS

zoss_ilustrasiTANGSELOKE.com- Keberadaan Zona Selamat Sekolah (ZoSS) dirasakan begitu penting, manfaatnya yang besar sebagai rambu-rambu bagi kendaraan bermotor yang melintas di lingkungan sekolah. ZoSS dimaksudkan untuk memberikan perlindungan terhadap siswa dari kecelakaan lalu lintas.

Kota Tangserang Selatan yang memperoleh penghargaan sebagai Kota Layak Anak memandang perlu untuk menambah jumlah ZoSS . Ada tujuh titik Zoss yang bakal dibangun.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota Tangsel Sukanta mengatakan, pembangunan ZoSS sangat penting. Fungsinya untuk mengatur lalu lintas di kawasan sekolah. Khususnya murid Sekolah Dasar, agar tidak tertabrak oleh kendaraan yang lalu lalang.

“Di ZoSS itu nanti akan ada rambu lalu lintas, marka jalan berupa zebra cross dan marka lainnya. Akan dipasang juga lampu lalu lintas, jika diperlukan, ungkapnya.

Mantan Camat Serpong Utara ini menggaris bawahi bahwa ketersediaan fasilitas ZoSS di lingkungan sekolah yang dilintasi jalan raya arteri memang wajib dibangun karena sudah tertuang dalam Peraturan Dirjen Perhubungan Darat No SK.1304/AJ.403/DJPD/2014 Tentang Zona Selamat Sekolah (ZoSS).

Ia pun mengaku, ada sejumlah sekolah di Kota Tangsel yang dilintasi jalan arteri. Maka itu keberadaan ZoSS ini mutlak diperlukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dan menjamin keselamatan anak di sekolah.

“Untuk tahun depan (2015) akan dibangun ZoSS di tujuh lokasi. Untuk lokasinya sedang dilakukan kajian. Untuk tahun tahun kemarin sudah dibangun dua ZoSS di dua lokasi,” kata Sukanta. (te/to)

Continue Reading
Advertisement
To Top