Connect with us

JSS Prioritas Dibandingkan Jembatan Dumai-Malaka

BANTEN OKE

JSS Prioritas Dibandingkan Jembatan Dumai-Malaka

jssTANGSELOKE.com – Pembangunan Jembatan Selat Sunda (JSS) menurut pemerintah, lebih prioritas ketimbang rencana pembangunan Jembatan Dumai Riau – Malaka Malaysia. Alasannya, pembangunan JSS akan lebih meningkatkan kawasan strategis Selat Sunda untuk kegiatan ekonomi.

Demikian dikemukakan Deputi Koordinasi Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Kementerian Koordinator Perekonomian, Lucky Eko Wuryanto. Menurutnya, ide pembangunan JSS muncul saat ada tekanan dari luar, untuk menggarap proyek jembatan di Selat Malaka melalui Riau.

“Kami mencanangkan terlebih dulu JSS yang dibangun. Kami tidak ingin kemajuan yang terjadi di Sumatera hari ini malah tersedot ke Malaysia. Tetap lebih penting Indonesia,” katanya, dikutip dari Liputan6.com, Rabu (27/8/2014).

Lucky menambahkan, pemerintah sangat berambisi untuk menggabungkan dua pulau berkekuatan ekonomi besar, yaitu Jawa dan Sumatera, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi serta meningkatkan pendapatan warga sekitar. Pemerintah sendiri berniat merealisasikan pembangunan JSS, apabila seluruh wilayah di Sumatera telah terintegrasi melalui jalan tol Trans Sumatera.

“Itulah kenapa tol Trans Sumatera penting karena dengan cara tersebut seluruh potensi perekonomian di Sumatera akan terintegrasi. Kalau Sumatera tidak terintegrasi, lalu ada JSS, yang ada justru Jawa semakin penuh karena orang Sumatera bisa dengan mudah ke Jawa,” jelasnya.

“Tapi kami wariskan JSS ke pemerintahan mendatang saja. Diharapkan ada progres lebih lanjut pada kabinet yang baru.” (Jd)

Continue Reading
Advertisement
To Top