Connect with us

Pemkot Berikan Bansos Untuk 14 Ribu Warga Miskin

Info Tangsel

Pemkot Berikan Bansos Untuk 14 Ribu Warga Miskin

The-Safe-Childhoods-FoundationTANGSELOKE.com- Sebanyak 14 ribu Kepala Keluarga (KK) nuskin di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal mendapatkan dana hibah bantuan sosial (Bansos) dari Pemerintah Kota Tangsel.

Pada bantuan kali ini, masing-masing KK mendapatkan bantuan sebesar Rp. 1 juta. Untuk itu, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) melakukan verifikasi data penerima hibah bansos yang terdata.

Diketahui, hibah bagi keluarga miskin ini diusulkan sejak 2013 dan akan disalurkan di 2014 ini. Mekanisme pencairannya pun akan ditransfer dari Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tangsel melalui rekening pribadi calon penerima.

Kepala Seksi Bencana dan Penanggulangan Kemiskinan di Dinsosnakertrans Kota Tangsel, Salbini mengatakan, dana hibah yang dibagikan ini dibagikan kepada keluarga miskin yang tidak tercover oleh Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM). Dari data yang diajukan pihak kecamatan ada 14.934 KK miskin.

“Warga yang tidak tercover BLSM dan Program Keluarga Harapan (PKH) yang diajukan dari RT, Kelurahan dan kecamatan mencapai 14 ribu lebih. Data ini kami verifikasi lagi dari 11-15 Agustus oleh 80 petugas, tujuannya adalah agar bantuan benar-benar tepat sasaran,” kata Salbini.

Sedangkan dari hasil verifikasi sementara, menurut Salbini, banyak jumlah kepala keluarga yang diajukan terdiskualifikasi. Pasalnya, sebagaian dari mereka ada yang sudah meninggal, pindah dan tidak layak menerima bantuan atau kondisi ekonominya masih mampu.

“Verifikasi ini dilakukan dengan mendatangi langsung calon penerima bantuan. Jadi data yang kami miliki benar-benar valid dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujarnya yang dialokasikan dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2014.

Terkait waktu pencairan, Salbini mengaku dana hibah tersebut bakal dicairkan setelah proses verifikasi rampung. Setelah verifikasi rampung, janji Salbini, pihaknya bakal membuat laporan ke DPPKAD Kota Tangsel untuk kemudian ditransfer ke masing-masing rekening penerima.

“Rekening Bank BJB. Bagi penerima, nanti akan dibantu dibuatkan rekeningnya. Pembagian bantuan melalui transfer langsung ini untuk menghindari adanya potongan-potongan. Saya tekankan, tidak ada potongan,” janjinya. (tp/k6/to/foto: ilustrasi)

Continue Reading
Advertisement
To Top