Connect with us

Arab Saudi Bangun 11 Stadion Berkapasitas 45.000 Kursi

Properti

Arab Saudi Bangun 11 Stadion Berkapasitas 45.000 Kursi

King-Abdullah-Sports-CityTANGSELOKE.com- Pemerintah Arab Saudi melalui tentakel bisnis minyaknya, Saudi Aramco, memastikan membangun 11 stadion berkapasitas 45.000 tempat duduk di seluruh negeri. Konstruksi akan dimulai pada Januari 2015 mendatang.

Kepastian tersebut didapat setelah Raja Abdullah menyaksikan kesuksesan Saudi Aramco menggarap Stadion Sepakbola Raja Abdullah yang berisi 60.000 kursi.

Kesebelas stadion tersebut tersebar di kota-kota besar dan lapis kedua yakni Madinah, Provinsi Barat, Provinsi barat Terluar, Hail, Tabuk, Al-Jouf, Baha, Najran, Jazan, Asir dan Qassim. Pembangunannya akan diselesaikan dalam waktu dua tahun dan paling lambat 2017.

Perusahaan konsultan Arab Saudi tidak akan terlibat dalam desain stadion seiring Saudi Aramco telah memutuskan untuk secara eksklusif menggunakan konsultan internasional.

Keputusan ini tentu saja menuai kritik dari Saudi Council of Engineers yang mengatakan bahwa konsultan lokal lebih mampu memberikan desain yang dibutuhkan.

“Arsitek Arab Saudi harus memiliki peran dalam membangun stadion negara mereka. Sedikitnya 200 insinyur Arab Saudi harus mendapat keuntungan dari pembangunan masif ini,” kata Presiden Saudi Council of Engineers, Hamad Al-Shaqawi. (source via kompas.com)

Continue Reading
Advertisement
To Top