Connect with us

Hore! Ribuan Hansip Di Tangsel Akan Diberi Insentif

Info SKPD

Hore! Ribuan Hansip Di Tangsel Akan Diberi Insentif

hansip_linmas_ilustrasiTANGSELOKE.com- Kabar gembira dihembuskan Kepala Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas), Salman Fariz . Pasalnya, pemerintah daerah setempat berencana memberikan dana isentif sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan ekonomi.

Profesi Hansip yang kini bernama Linmas seringkali dianggap profesi yang remeh, pasukan kentongan berseragam hijau-hijau ini  acap kali hanya sebagai pelengkap di acara-acara seremonial, tak lebih dari penjaga kendaraan bermotor, atau pelengkap keamanan saat pesta pernikahan berlangsung.

Padahal fungsi dan kekuatan dasar hansip begitu strategis dalam menjaga ketertiban serta menjadi radar terdepan sebagai bentuk pencegahan dari tindak kriminal di lingkungan yang paling bawah yaitu Rukun Tetangga dan Rukun Warga.

“Mengingat tugasnya yang demikian berat, maka kesbangpolinmas akan mengusulkan pemberian insentif kepada hansip,” ujar Salman Faris, Selasa (3/6).

Tentunya ini akan menjadi apresiasi bagi ribuan  satuan petugas pertahanan sipil atau Hansip di wilayah Kota Tangsel.  Harapannya melalui dana insentif ini Hansip dapat bertugas lebih maksimal.

Oleh karena itu, terang Salman, lembaga eksekutif akan mengajukan alokasi dana APBD mulai 2015 mendatang kepada DPRD Kota Tangsel.

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat, mengungkapkan bila hingga kini ada sekitar 2.000 orang Hansip yang menjadi petugas binaan pemerintah daerah.

Tugas mereka semakin bertambah, seperti saat perhelatan pesta demokrasi tahun ini. “Total yang kami bina ada 2000 Hansip. Jumlah ini cukup ideal, karena mereka disebar di lingkungan terkecil, seperti RT dan RW,” tandasnya.

Selain pemberian insentif, Hasyim menyatakan, para Hansip juga dibekali pengetahuan dan keterampilan di bidang keterampilan umum. Mereka juga diberi arahan soal cara mengidentifikasi gangguan ketertiban umum di wilayah.

“Selain tindakan atas gangguan hingga sistem pelaporan. Latihan beladiri juga dilakukan di kegiatan ini,” jelasnya. (k6/to)

Continue Reading
Advertisement
To Top