Connect with us

Walikota Tangsel Resmikan Bank Sampah

Info Tangsel

Walikota Tangsel Resmikan Bank Sampah

bank_sampah_tangsel_0418.143.23.153- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany kembali meresmikan bank sampah. Kali ini bank sampah yang diresmikan sudah ke-87. Lokasinya berada di kawasan Gunung Raya, RT 03/11 Kelurahan Cirendeu, Kecamatan Ciputat Timur.

Menurut Airin-pengembangan bank sampah ini menjadi potensi tersendiri. Baik itu secara lingkungan maupun ekonomi. Alasannya, sampah yang ditampung bank sampah bisa di daur ulang. Ia meminta kepada seluruh warga lainnya, bisa mengajukan bank sampah.
Syaratnya cukup dengan adanya ketersediaan lahan seluas 200 meter persegi. “Warga bisa mengajukan. Tapi lahan tersebut statusnya harus fasilitas sosial dan umum (fasos fasum),” ujarnya, Minggu (25/5/2014).

Kenapa fasos fasum, alasannya agar tidak menimbulkan persoalan hukum di kemudian hari. Pemda melalui Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) memback-up kebutuhan lainnya yang dianggap mampu diberikan (kelengkapan).

Bank sampah ini lanjut Airin, merupakan salah satu konsep penanganan sampah yang cocok diterapkan di Tangsel sebagai kota penyangga. Ini sekaligus membantu pemda, atas keterbatasan lahan di Tangsel.
“Ada perputaran ekonomi dengan bank sampah. Dan hasilnya bisa dinikmati masyarakat. Asal sistem manajemennya baik,” ujar Airin.

Daftar harga yang diberikan untuk menampung sampah daur ulang sudah ditetapkan. Setelah ditimbang, hasil penjualan akan dibukukan untuk satu nasabah. Untuk nasabah terakhir nilainya bisa mencapai Rp500-Rp600 ribu per bulan. (sm/kfz)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top