Connect with us

Januari Puspemkot Tangsel Seharga 200 Miliar Mulai Dibangun

Info Tangsel

Januari Puspemkot Tangsel Seharga 200 Miliar Mulai Dibangun

puspem_tangsel18.143.23.153- Pembangunan Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangsel (KP2KT) semakin mendekati kenyataan. Setelah melalui tahapan Detailed Engineering Design (DED) pada Agustus lalu, saat ini masuk tahap tender dan pada Januari 2014 pembangunan sudah dimulai.

Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pembangunan pada Dinas Tata Kota Bangunan dan Pemukiman (DTKBP) Kota Tangsel Muqodas. Menurutnya, proses tender saat ini masih berjalan dan dipastikan rampung November.

“Berdasarkan jadwal minggu ini sudah bisa diumumkan. Sistem lelang sendiri melalui LPSE (Layanan Pengadaan Secara Elektronik) dan pertengahan Desember sudah dapat dimulai pekerjaannya,” katanya menjelaskan.

Muqodas menambahkan, KP2KT nantinya bakal dibangun tiga gedung dan bakal menghabiskan anggaran Rp 200 miliar.

Rinciannya, yakni gedung Balaikota yang berlokasi diapit dua gedung lain dengan anggaran Rp 45 miliar. Gedung Balaikota ini dibangun lima lantai yang merupakan kantor Walikota, Wakil Walikota dan Sekretariat Daerah.

Untuk gedung kedua, yakni gedung Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) I yang bakal dibangun delapan lantai dengan anggaran yang disiapkan Rp 60 miliar.

Sedangkan gedung ketiga, yakni gedung SKPD 2 yang dibangun 10 lantai dengan anggaran Rp 80 miliar.

“Luas bangunan gedung mencapai 2000 meter persegi. Untuk proses lelangnya, dibagi menjadi tiga paket,” Muqodas menambahkan.

Menurutnya, pembangunan ketiga gedung ini bakal dianggarkan melalui konsep multi years. Meski begitu untuk gedung Balaikota diakuinya dijadwalkan rampung pada 2014. “Nah, untuk dua gedung SKPD dijadwalkan selesai pada 2015,” sambungnya.

Nantinya, dua gedung SKPD itu bakal ditempati sejumlah SKPD yang saat ini kantornya masih mengontrak. Seperti Badan Kesatuang Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat, Kantor Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi, serta beberapa SKPD lain.

“Untuk Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah serta beberapa SKPD yang sudah memiliki gedung, tidak akan dipindah,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangsel Tedy Meiyadi mengatakan berdasarkan amanat Undang-Undang (UU) No 51 Tahun 2008 KP2KT bakal dibangun di bekas kewedanan Ciputat, Jalan Pamulang II, Kelurahan Serua, Kecamatan Ciputat. “Bakal dibangun di atas lahan empat hektar,” katanya.

Menurutnya, ketiga gedung ini bakal dipisahkan taman dan jalan kompleks perkantoran. Sedangkan posisi gedung Balaikota nantinya bakal diapit dua gedung SKPD.

Selain itu, gedung tersebut bakal dilengkapi dengan Plaza Utama untuk lapangan upacara, lahan parkir, garasi parkir serta bangunan genset. (TP)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top