Connect with us

Pelaku Penembakan Gunakan Senjata Modifikasi

Pondok Aren

Pelaku Penembakan Gunakan Senjata Modifikasi

senpi_ilustrasi18.143.23.153- Pelaku penembakan polisi di Tangerang Selatan diduga menggunakan senjata api pabrikan yang telah dimodifikasi. Belum diketahui dari mana senjata itu diperoleh.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Slamet Riyanto mengatakan, dari penemuan selongsong dan proyektil di tiga tempat, semuanya memiliki kesamaan. “Jenis pistol modifikasi antara pabrikan dan rakitan. Dari alur-alur yang ada, itu hasil pabrik. Tapi di bagian lain, dari rakitan juga,” kata Slamet di kantornya, Jumat (30/8/2013).

Namun, polisi belum dapat memastikan asal senjata tersebut, termasuk menghubungkannya dengan pabrik senjata rakitan di Cipacing, Sumedang, Jawa Barat. Sampai saat ini kedua pelaku, yaitu Nurul Haq alias Jeck (28) dan Hendi Albar (30), belum tertangkap dan masih berstatus buron.

“Kepastian senjata dari mana itu setelah barangnya ada,” ujar Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Adex Yudiswan dalam kesempatan yang sama.

Dalam proses penyelidikan, kata Slamet, tim dari Subdit Resmob Polda Metro Jaya bekerja sama dengan tim dari Detasemen Khusus Antiteror 88 Polri serta sejumlah unit di polres, baik di tempat kejadian perkara maupun di tempat dilakukannya penelusuran penyelidikan. Namun, untuk kepentingan penyelidikan, polisi merahasiakan tempat asal kedua pelaku.

Pelacakan kedua pelaku terkait erat dengan Yamaha Mio bernomor polisi D 6632 WD, sepeda motor yang ditinggalkan pelaku di lokasi penembakan di Pondok Aren, Tangerang Selatan, Jumat (16/8/2013). “Dilacak dari awal kendaraan dibeli di dealer sampai ke pemilik terakhir, akhirnya sampai ke dua orang ini. Sudah berpindah tangan ke 15 orang,” kata Slamet.

Kedua pelaku disebut ahli membuat senjata api rakitan, bom pipa, dan pernah mendapat pelatihan di Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat. Saat beraksi, Nurul Haq yang mengemudikan motor dan Hendi Albar yang melakukan penembakan. Kedua orang tersebut juga pernah terlibat dalam sejumlah aksi kejahatan, seperti pembacokan dua anggota polisi di Bekasi pada Maret 2012, dua kasus perampokan di Bandung, yaitu dalam peristiwa perampokan uang untuk setoran ATM di Cililin pada April 2013 dan perampokan Kantor Pos di Cibaduyut pada Mei 2013, serta perampokan toko emas di Tambora, Jakarta Barat, pada Maret 2013. (source: kompas.com)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top