Connect with us

PMI Tangsel Antisipasi Stok Darah Saat Ramadan

Info Tangsel

PMI Tangsel Antisipasi Stok Darah Saat Ramadan

stok_darahTANGSELOKE.com- Mengantisipasi kekurangan stok darah di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) jajaran Palang Merah Indonesia (PMI) setempat selama bulan puasa membuka tempat donor di sejumlah keramaian seperti masjid, pusat belanja dan lainnya.

“Kami memang sudah menyiapkan kelengkapan untuk warga yang ingin mendonorkan darahnya saat bulan puasa di lokasi terpisah di tujuh kecamatan,” kata Kepala Laboratorium Kesehatan daerah (Labksda) Tangsel, M. Alwan, Senin (15/7).

Yang jelas kurun waktu bulan puasa keberadaan stok darah di PMI Tangsel berkurang sehingga perlu adanya tambahan donor darah dari masyarakat luas untuk semua jenis golongan darah, tuturnya yang mengaku hingga kini stok darah di Unit Donor Darah (UDD) PMI Tangsel antara lain golongan darah A hanya 10 kantong, darah B tujuh kantong, darah O 15 kantong dan darah AB hanya lima kantong.

“Biasanya setiap hari sebanyak 10 hingga 20 orang yang mendonorkan darahnya. Namun, pada hari ketiga bulan puasa ini hanya ada empat orang,” imbuh Alwan, yang mengaku kebutuhan setiap bulan untuk stok darah biasanya mencapai 400 hingga 500 kantong darah. (poskotanews)

Continue Reading
Advertisement
To Top