Connect with us

Potensi Budaya Tradisional hingga Wisata Kuliner di Tangsel

Kuliner

Potensi Budaya Tradisional hingga Wisata Kuliner di Tangsel

TANGSELOKE.COM- Kepala  Kantor Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang Selatan Eddy Wahyu mengutarakan, potensi kebudayaan dan pariwisata di Kota Tangsel sebetulnya sangat banyak. Hanya saja dia mengakui, pemanfaatannya belum dilakukan secara maksimal. Untuk kebudayaan misalnya, Kota Tangsel hampir memiliki semua, baik yang bersifat tradisional maupun kontemporer. Untuk yang tradisional misalnya Lenong Betawi, Tari Gambang Kromong, Palang Pintu, dan Onde-onde. Bahkan untuk Lenong Betawi, sudah dipentaskan hingga keliling Eropa dan Amerika.

Begitu juga  untuk potensi pariwisata. Yang paling mengagumkan tentu saja potensi wisata kuliner. Sudah menjadi buah bibir, bahkan hingga ke daerah lain, kalau Kota Tangsel kaya dengan restoran dan rumah makan yang sangat beragam. Jenis menu yang ditawarkan pun bermacam-macam mulai menu dengan cita rasa Nusantara hingga mancanegara.“Bisa dibilang mau makan jenis apa saja di Tangsel pasti ada,” kata Eddy Wahyu.

Masih terkait lokasi wisata, Kota Tangsel juga banyak memiliki kawasan wisata baik alam, wisata buatan, wisata sejarah, hingga wisata religi. Yang sering dikenal misalnya lokasi wisata Tanah Tingal di Ciputat yang menawarkan keasrian pemandangan alam.

Kemudian wisata kolam renang buatan yang terbesar di Asia Tenggara yang terdapat di kawasan Serpong. Selain itu ada juga wisata ziarah di Kramat Tajug yang tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat Banten, tapi juga pelosok lain di Indonesia. “Termasuk Monumen Lengkong dan Taman Makam Pahlawan Seribu yang masuk kategori wisata ziarah,” imbuh Eddy Wahyu (TP/TO)

Continue Reading
Advertisement
To Top