Connect with us

Pemkot Tangsel Percepat Pembangunan Jalan

Info SKPD

Pemkot Tangsel Percepat Pembangunan Jalan

Publikasi – Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus melakukan percepatan dan mengejar penyelesaian pembangunan jalan di akhir tahun 2012. Melalui Dinas Bina Marga dan Suber Daya Air Kota Tangsel, beberapa jalan tengah dilakukan pelebaran dan perbaikan, serta percepatan pembangunan.

Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Tangerang Selatan, Retno Prawati mengatakan, percepatan pekerjaan pembangunan jalan tersebut bisa terbukti dengan terselesaikannya pembanguan ruas jalan di beberapa kecamatan. Di antaranya jalan Lengkong Gudang Timur atau lebih dikenal dengan Jalan Leguti. Jalan sepanjang 452 meter itu kini telah terealisasi dengan menggunakan konstruksi berbahan beton.

 Jalan Leguti ini, lanjutnya, merupakan jalan penghubung bagi warga Tangerang Selatan dari Lengkong Wetan menuju Kampung Perigi ataupun sebaliknya. “Pekerjaan jalan ini, merupakan pekerjaan yang telah kami laksanakan di pertengahan tahun 2012. Mudah-mudahan bisa lebih meningkatkan geliat perekonomian warga sekitar,” ujarnya.

Lebih lanjut Retno mengatakan, selain melaksanakan pembangunan jalan Lengkong Gudang Timur, DBMSDA juga telah menyelesaikan pembangunan jalan Lengkong Karya sepanjang 500 meter, dan Jalan Bhayangkara di kelurahan paku jaya sepanjang590 meter.

Pemkot Tangsel juga saat ini tengah mengerjakan beberapa pembangunan. Seperti pembangunan Sodetan Simpang viktor di antara ruas jalan Siliwangi dan jalan Buaran-Rawa Buntu (Viktor). Bahkan kini pembangunan sodetan itu menjadi prioritas mengingat akan memasuki musim penghujan.

?Sama dengan pekerjaan jalan yang lainnya, pembangunan Sodetan Simpang Viktor juga menjadi prioritas kerja DBMSDA Kota Tangerang Selatan. Untuk tahap awal pekerjaan sodetan simpang Viktor kami targetkan akan selesai pada tahun ini,? terangRetno.

Selain itu pula, Jalan Serpong (Puspitek) – batasTangerang-Bogor sepanjang 1 km, Jalan Ciputat Serpong – Serpong (Puspitek) sepanjang 1,2 km, pelebaran jalan Pahlawan Seribu sepanjang 0,5 km, yang merupakan jalan Provinsi di Kota Tangerang  Selatan, masih dalam proses pengerjaan.

Sedangkan Jalan Provinsi yang lainnya yaitu Jalan Padjajaran Ciputat sepanjang 0,8 km dan rehabilitas Jalan Tangerang – Serpong (BSD) dengan panjang sekitar 5 km telah terselesaikan.

Dibangun 4 Lajur

Untuk memudahkan akses masyarakat serta mengurangi kemacetan, Pemkot Tangsel juga akan melakukan pelebaran akses menuju Ciputat menuju Serpong. Pelebaran jalan, akan dilakukan terhadap ruas jalan Ciater Raya – Pertigaan Maruga dan Pertigaan Maruga – Pertigaan Jalan Arya Putra (Jalan Bukit Serua).

Menurut Retno, pelebaran jalan Ciater Raya hingga Pertigaan Jalan Arya Putra menjadi prioritas DBM-SDA Kota Tangsel pada tahun anggaran 2013 nanti. Adapun jalan yang dilebarkan yakni sepanjang 4,4 Kilometer.

Rinciannya adalah 2,2 Kilometer untuk ruas Jalan Ciater Raya – Pertigaan Maruga dan 2,2 Kilometer untuk ruas Pertigaan Maruga – Pertigaan Jalan Arya Putra. Dari Pertigaan Maruga ini, kata dia, akan ada simpang kaki ke arah Pamulang 2 sepanjang 145 meter.

Ruas jalan yang nanti dilebarkan, akan memiliki empat lajur dengan lebar 24 meter. Di ruas jalan ini, nantinya akan dibuat jalur sepeda, drainase dengan lebar 1,2 meter dan di atasnya bakal dibangun jalur untuk pedestrian atau pejalan kaki. (Pub/*)

Continue Reading
Advertisement
To Top