Connect with us

DPD RI Apresiasi Kinerja Keuangan Pemkot Tangsel

Info Tangsel

DPD RI Apresiasi Kinerja Keuangan Pemkot Tangsel

Serpong, Tangerang Selatan – Pemerintah Kota Tangerang Selatan menerima kunjungan kerja sejumlah anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia dari Tim II Komisi IV. Kegiatan yang bertema dialog tentang Rancangan APBN 2013 dan Pengawasan Dana Transfer Daerah dalam APBN 2012 di Banten ini digelar di Hotel Santika BSD, Serpong, Kamis, 29 Maret 2012.

Para anggota DPD-RI yang turut hadir diantaranya, Andika Hazrumy asal Banten, Asnawati Marzuki Ali asal Sumatera Selatan, Abdul Gafar Usma asal Riau, Abdurahman Lahbato asal Sumatera Utara, Sarah Lerih Mboik dari Nusa Tenggara Timur dan Husein Effendi dari Sulawesi Utara.

Wakil Walikota Tangerang Selatan, Benyamin Davnie, dalam kesempatan presentasi dihadapan para senator memaparkan, Anggaran Pendapatan Belanja Daerah pada tahun 2011 sebesar Rp 1,3 trilyun di tahun 2012 meningkat menjadi Rp 1,4 trilyun. Sementara alokasi  belanja daerah di 2012 ini, untuk anggaran belanja tidak langsung Rp 491 milliar dan belanja langsung Rp 1,06 trilyun. Sementara itu alokasi belanja barang dan jasa sebanyak Rp 395 milliar, belanja modal Rp 532 milliar. Hal tersebut menandakan bahwa pengunaan dana APBD lebih besar dikucurkan untuk melayani masyarakat dari berbagai sektor kegiatan pembangunan.

“Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah mengusulkan ke Pemerintah Pusat melalui R-APBN tahun 2013 sebesar Rp1,385 trilyun dan paling tinggi Rp 1,194 trilyun dikucurkan untuk kegiatan perbaikan infrastruktur yang ditangani Dinas Bina Marga Sumber Daya Air,” papar Wakil Walikota.

Ditempat yang sama, Sarah Lerih Mboik, memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tangerang Selatan yang telah melakukan pengelolaan keuangan kas daerah secara optimal. Hal ini mengacu pada alokasi dana yang diperuntukan bagi belanja langsung lebih besar bila dibandingkan dengan belanja tidak langsung.

“Apalagi untuk sekelas daerah yang baru tiga tahun terbentuk melalui proses pemekaran,” terang Sarah.

Hal senada juga disampaikan oleh Andika Hazrumy yang melihat prestasi di bidang pengelolaan keuangan daerah dengan perolehan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas hasil auditor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).  “diharapkan WTP ini dapat terus dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya” pesan Andika.

Pada acara tersebut, Pemerintah Daerah sempat mengulas isu-isu strategis yakni kemiskinan dan pengangguran, sumber daya manusia, meningkatkan pelayanan masyarakat bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Acara ini turut dihadiri sejumlah pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota Tangerang Selatan.

Continue Reading
Advertisement
To Top