Connect with us

Ahok Pastikan Tangsel Dapat Dana Hibah Rp 74,8 Miliar

BANTEN OKE

Ahok Pastikan Tangsel Dapat Dana Hibah Rp 74,8 Miliar

ahok_airin_0118.143.23.153- Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama (Ahok) hari ini menerima Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany Wardhana. Ahok memastikan Kota Tangsel akan menerima bantuan dana hibah sebesar Rp 74,8 miliar, dengan rincian Rp 64,8 miliar untuk pembangunan Terminal Pondok Cabe dan sisanya untuk penanggulangan banjir serta pembuatan tanggul.

“Dia (Airin) ingin dapat kepastian bantuan (dana hibah) dari kami masuk nggak. Kalau masuk nanti akan dia masukin ke APBD Perubahan. Tangsel APBD Perubahannya terakhir tanggal 30 jadi mastiin dapat apa nggak. Kita sih jamin dapat,” ujar Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Kamis (26/3/2015).

Ahok menjelaskan, imbas dari pembongkaran Terminal Lebak Bulus untuk MRT membuat bus-bus ‘lari’ ke Terminal Pondok Cabe. Sementara, akses jalan menuju terminal masih sempit.

“Setelah Lebak Bulus dibongkar, bus pindah ke Pondok Cabe di Tangsel. Jalannya sempit, dia mau bikin perbesar jalannya. Uangnya darimana? Nah, kita akan bantu,” terangnya.

Dana hibah itu memang sudah dialokasikan Pemprov dalam RAPBD 2015. Namun karena menggunakan Pergub, maka harus disesuaikan kembali dengan pagu anggaran APBD 2014.

Lanjut Ahok, Kota Tangerang seharusnya mendapat dana hibah paling besar dibanding daerah penyangga lainnya yakni Rp 1,2 triliun. Hal itu diurungkannya lantaran sang Wali Kota belum siap menyerahkan DED (Detailed Engineering Disaign) untuk jalan layang bagi jalur TransJ.

“Sebetulnya yang paling besar dapat itu Kota Tangerang cuma dia belum siap untuk bikin DED jalan layang. Kita akan kasih itu saja Rp 1,2 triliun,” kata Ahok.

Selain Tangsel, kota lainnya yang juga mendapat dana hibah antara lain Kota Tangerang, Kota Bekasi dan Kota Bogor. Dia menyebut hanya ada satu kota di daerah penyanggah yang tidak mengajukan dana hibah, yakni Kota Depok, Jawa Barat.

“Cuma Depok yang nggak dapat karena nggak ngajuin. Saya sudah bilang sama Gubernur Jabar, kenapa Depok nggak mau ngajuin proposal yang berhubungan dengan kami,” kata Ahok agak heran.

“Nggak tahu, dia nggak tahu. Dia juga heran. Saya juga bilang waktu saya undang makan di Restoran Khayangan (pertemuan dengan 9 kepala daerah mitra), Depok nggak datang. Semua sudah (ngajuin) kecuali Depok. Tahun 2016 kita harap lebih baik,” pungkasnya. (source via dtk)

Continue Reading
Advertisement
You may also like...
To Top